Mau Beli Mobil Murah? Tunggu Akhir Tahun Ini

by
November 1st, 2012 at 10:40 am

Jakarta (CiriCara.com) – Regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) masih menjadi target utama pemerintah melalui Kementerian Perindustrian. Dan kabarnya regulasi akan keluar pada akhir tahun ini.

Namun walau begitu, peraturan ini masih dalam proses pemantauan ulang mengacu pada kesiapan industri pendukung. Budi Darmadi selaku Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian membenarkan tentang rencana regulasi ini.

“Sudah mau keluar, sekarang kamu mutakhirkan (update) lagi. Industri komponen sudah siap apa belum? Ternyata setelam kami kroscek ulang, ada beberapa jenis produk yang semula sudah siap, tapi kenyataannya belum. Begitu juga sebaliknya,” jelas Budi seperti dikutip Kompas.com.

Budi juga mengatakan bahwa untuk menetapkan insentif yang dimanfaatkan oleh para agen tunggal pemegang merek (ATPM) wilayah Indonesia, tingkat kandungan lokal yang meliputi presentase dan grup komponen juga ikut diperhatikan.

Hingga saat ini, pemerintah sudah mengklasifikasikan 12.000 jenis komponen yang terbagi dalam 115 grup komponen. Nantinya, grup komponen itu dicek satu per satu untuk memastikan tentang kesiapan produksi mobil murah dalam waktu dekat.

Budi sendiri optimis jika pemerintah bisa mengeluarkan regulasi untuk mobil murah pada akhir tahun walaupun harus diadakan pengecekan ulang terhadap industri komponen.

Menyambut regulasi mobil murah dari pemerintah ini, beberapa pabrikan asal Jepang seperti Toyota telah memamerkan sejumlah mobil murah yang dipamerkan lewat IIMS 2012 lalu. Tentunya peraturan tentang mobil murah akan memperbesar kesempatan rakyat Indonesia untuk memiliki mobil pribadi dengan harga terjangkau. (RN)

Comment di sini