Lumia-Windows Phone 8 Tepis Rumor Kebangkrutan Nokia?

by
November 1st, 2012 at 10:52 am

CiriCara.com - Kita tahu bahwa gelar produsen ponsel terbesar di dunia pernah didapatkan oleh Nokia. Pabrikan ponsel asal Finlandia ini dulu sering disebut sebagai produsen ponsel paling konsisten yang pernah ada di dunia. Pendapatan yang diraup dari penjualan ponsel-ponsel produksi Nokia pun tidak bisa dibayangkan seberapa banyaknya.

Ponsel-ponsel Nokia menjelma menjadi produk-produk populer di segala strata sosial di dunia, termasuk Indonesia. Tetapi semua hal itu kini tinggal menjadi kenangan saja. Rumor kebangkrutan Nokia sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Alasan yang menyeruak adalah persaingan yang ketat di antara pabrikan-pabrikan ponsel dan smartphone yang ada sekarang. Ketika pabrikan Apple, Samsung, RIM,  HTC, dan pabrikan ponsel besar lain terus berinovasi, Nokia malah terlihat lesu dan kurang bergairah.

Aroma persaingan ketat antarpabrikan menyebabkan ketidakstabilan penjualan yang dihasilkan oleh pihak Nokia. Dan klimaksnya adalah ancaman kebangkrutan yang dialami oleh pihak Nokia ini sendiri. Pemecatan dan penjualan pabrik utama di Finlandia adalah salah satu dampak yang terjadi.

Produk-produk buatan Nokia jarang sekali muncul dan nangkring di jajaran ponsel top pada setiap kuartalnya. Dirasa ataupun tidak, hal ini memang benar-benar terjadi. Nokia sudah kehilangan jati dirinya sebagai jawara pabrikan ponsel paling populer yang pernah ada.

Menurut data dari lembaga riset pasar IDC, pada kuartal ketiga tahun 2012  nama Nokia sudah tidak masuk lagi dalam jajaran top produsen ponsel dan smartphone dunia. Jajaran top tersebut diambil alih oleh Samsung sebagai jawara baru di jajaran ponsel dan smartphone. Disusul oleh kompetitornya yaitu Apple dan RIM.  Hal lain yang unik adalah kemunculan dua produsen asal Asia Timur yaitu ZTE dan HTC yang menyodok ke urutan 4 dan 5 top produsen ponsel dan smartphone dunia.

Beberapa alasan mulai dimunculkan oleh beberapa pihak yang menjadi pengamat kemunduran Nokia ini. Selain karena persaingan ketat karena banyaknya jumlah produk di pasaran, bila ditelisik dari segi keunggulan produk yang dijual, Nokia bisa dibilang lumayan tertinggal.

Hal lain yang menjadi alasan adalah sering gonta-gantinya sistem operasi yang disusung oleh pihak Nokia sendiri. Yang paling kentara adalah sistem operasi Symbian yang dipensiunkan begitu saja tanpa ada pengganti yang sepadan dengan performa sistem operasi tersebut.

Selanjutnya dimunculkan sebuah sistem operasi terbaru bernama Windows Phone, tetapi dengan kehadiran Windows Phone ini juga masih tidak bisa mendongkrak penjualan dari produk-produk Nokia sendiri. Masih ada beberapa celah yang masih belum bisa ditutupi oleh pihak Nokia sendiri, dan kemunculan Windows Phone ini tampaknya kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya seperti Android milik Google dan iOS besutan Apple.

Semoga saja angin segar bisa didapatkan kembali oleh pihak Nokia, dengan dirilisnya versi terbaru dari Sistem Operasi Windows Phone yakni Windows Phone 8. Nokia sudah siap dengan Lumia 920 dan Lumia 820 untuk sistem operasi terbaru dari Windows ini. Dengan berbagai fitur dan kinerja yang sudah ditingkatkan di berbagai sisi, sejumlah pengamat memperkirakan Nokia Lumia akan tampil menawan di pasar ponsel pintar. (AD)

Comment di sini