5 Manfaat Positif dari Bermain Game

by
November 2nd, 2012 at 4:22 pm

CiriCara.comGamer terkadang dipandang sebelah mata oleh orang lain. Pasalnya, orang yang gemar bermain game terlihat kutu buku dan penyendiri. Namun, tahukah Anda bahwa dengan bermain game bisa mengembangkan produktivitas?

Dilansir Merdeka.com, Dr. Jane McGonigal, designer game mengatakan bahwa video game dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup di kehidupan nyata. Salah satu game yang dibuatnya, SuperBetter telah dimainkan lebih dari 100.000 orang. Permainan tersebut ia rancang untuk mengatasi tantangan kesehatan di kehidupan nyata, seperti depresi, kecemasan, dan cedera otak yang traumatis.

Selain itu, ternyata bermain game juga berdampak positif bagi kehidupan. Mau tahu mafaat apa saja yang bisa Anda dapat dari bermain game? Untuk mengetahuinya, mari simak 5 manfaat berikut ini:

1. Mengajarkan berpikir kritis dan memecahkan masalah

Beberapa jenis video game dapat mengajarkan Anda cara berpikir kritis dan memecahkan sebuah masalah. Bahkan, permainan anak sederhana juga dapat memacu intelegensi mereka untuk mengenal dan melakukan hal-hal berbeda. Selain itu, kompleksitas games juga memberikan Anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan kognitif, seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan.

2. Mengajarkan cara bekerja sama

Bermain game secara kelompok bisa meningkatkan kemampuan untuk bekerja sama dalam tim. Keterampilan tersebut dibutuhkan untuk belajar dan sukses dengan bantuan orang lain. Misalnya, beberapa game online membutuhkan sebuah kerjasama tim untuk mecapai kemenangan.

3. Membuat orang senang

Salah satu manfaat bermain game adalah bisa membuat seseorang merasa bahagia. Namun, sangat penting juga untuk membatasi waktu bermain game karena ada kemungkinan alat ini membuat Anda kecanduan. Selain itu, perasaan senang juga akan didapat jika Anda memenangkan permainan tersebut. Apalagi jika Anda telah bekerja keras untuk mencapainya.

4. Sportivitas dan adil

Sportivitas dan adil merupakan nilai-nilai yang umum dikembangkan dalam olahraga dan organisasi. Game secara tidak langsung menawarkan Anda nilai-nilai ini, terutama bersaing satu sama lain.

5. Mengajarkan tentang kegagalan

Game hanya memberikan dua pilihan bagi pemain yaitu pecundang dan pemenang. Dalam kehidupan nyata juga demikian, Anda dipaksa untuk memilih jadi pecundang atau pemenang. Tanpa disadari, game telah mengedukasi pemain untuk mau kalah dan menghindari kegagalan.

Itulah manfaat yang bisa Anda dapat jika bermain game. Namun, perlu diingat juga bahwa bermain game terus-menerus bisa membuat Anda lupa pada kehidupan nyata. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar mengatur waktu. (NR)

Comment di sini