Begini Cara Ahok Atasi Preman Jakarta

by
November 2nd, 2012 at 4:26 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Ibukota kita tidak pernah lepas dari aksi premanisme yang sudah menjadi tradisi sejak lama. Dampak dari aksi tersebut adalah pemalakan terhadap pelaku usaha kecil dan pengusaha Jakarta.

Menanggapi maraknya aksi ini, Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta mempunyai langkah jitu dalam mengatasi berbagai kelompok preman yang tersebar di Jakarta. Apa saja?

“Kita beri bantuan berupa modal (usaha),” kata Basuki seperti dikutip oleh Merdeka.com saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Jumat, 2 November 2012.

Menurut sang Wakil Gubernur seseorang berbuat kriminal karena terdesak dengan kebutuhan ekonomi. Dengan cara ini, dia bersama Jokowi akan membuka peluang usaha kecil untuk menumpas para preman yang ada di Jakarta.

“Makanya kita ngembangin banyak pasar dan penuh penekanan ekonomi, dengan bakti sosial,” jelasnya lagi kepada sumber yang sama.

Ahok bersama Jokowi juga akan menjadikan PKL dan parkir resmi agar tidak ada lagi pembagian keuntungan kepada preman. Di daerah Jakarta, modal awal yang diperlukan oleh pedagang untuk menyewa kios berkisar antara Rp. 100 hingga Rp. 200 juta. Modal itu dirasa berat bagi sebagian besar rakyat Jakarta.

Karena itu, Ahok berjanji jika nanti tempat usaha PKL akan diberikan secara cuma-cuma seperti yang pernah diterapkan di Kota Solo. Sistem pemberian kios rencananya akan dilaksanakan dengan sistem undi sehingga semua orang berkesempatan mendapat jatah berjualan. Biaya yang dikenakan juga hanya berupa retribusi.

Sejak pemerintahan Jokowi-Ahok, kota Jakarta tampaknya mulai berbenah ke arah yang lebih baik. Sebelumnya, Ahok juga pernah membuat 13 kesepakatan dengan buruh agar taraf hidup mereka naik. (RN)

Comment di sini