Biksu Ini Dinyatakan Sebagai Pria Paling Bahagia di Dunia

by
November 2nd, 2012 at 11:01 am

Oddity Central

CiriCara.com – Siapakah orang yang paling bahagia di dunia ini? Apakah kamu merasa menjadi orang yang paling bahagia?

Sayangnya, para peneliti sudah menetapkan siapa yang patut mendapat julukan sebagai orang yang paling berbahagia di dunia. Orang tersebut adalah Matthieu Ricard, seorang ilmuwan Prancis yang beralih menjadi seorang biksu.

Dilansir dari Odditycentral.com, para peneliti telah menyatakan bahwa pria yang dulunya seorang ahli molekul genetika dan sudah berubah menjadi seorang biksu ini, adalah orang yang paling bahagia di dunia ini.

Matthieu memilih untuk mencari kebenaran tentang ajaran agama Budha dan mendalaminya hingga dia memutuskan untuk menjadi seorang biksu.

Dulunya, dia adalah seorang peneliti yang ahli di bidang molekul genetika. Setelah dia bertemu dengan Dilgo Khyentse Rinpoche, guru Budha yang sangat terkenal, pada saat dia sedang berlibur di India, akhirnya dia memutuskan untuk mendalami agama tersebut.

Setelah menjadi biksu, karier dan seluruh kehidupan lamanya pun ditinggalkan demi mencari kedamaian dan cinta kasih. Kini, Matthieu telah menjadi biksu terkenal di wilayah Himalaya dan menjadi penasihat terpercaya dari Dalai Lama.

Pada tahun 2009, seorang neuroscientist, Richard Davidson dari Universitas Wisconsin melakukan penelitian terhadap Matthieu.

Penelitian dengan 256 mata sensor/Oddity Central

Richard memasangkan 256 mata sensor di seluruh bagian kepala biksu tersebut ketika dia sedang melakukan meditasi cinta kasih. Penelitian ini merupakan serangkaian proyek penelitian terhadap para praktisi meditasi profesional.

Uniknya, hasil penelitian dengan sensor tersebut menunjukkan bahwa otak Matthieu menghasilkan sinar gamma terkait dengan tingkat kesadaran, perhatian, dan daya ingat. Ini merupakan hal yang jarang terjadi sepanjang sejarah penelitian neuroscience.

Hal yang lebih menakjubkannya lagi adalah penelitian lainnya menunjukkan aktivitas berlebih pada wilayah korteks otak kiri Matthieu. Hal ini memberikan kapasitas yang sangat besar untuk rasa bahagia dalam diri Matthieu. Selain itu, aktivitas tersebut juga menunjukkan bahwa Matthieu hanya memiliki sedikit kecenderungan untuk mengarah pada hal yang negatif.

Dengan demikian, tidak heran kalau biksu usia 66 tahun ini mendapat julukan dari berbagai peneliti bahwa dialah orang yang paling berbahagia di dunia. (yk)

Oddity Central

Comment di sini