CiriCara: 5 Cara Jitu Mencuci Sayuran Hijau

by
November 2nd, 2012 at 11:54 am

Wiki How

CiriCara.com – Semua orang tentu tahu bahwa sayuran hijau sangat baik untuk dikonsumsi. Para dokter dan ahli kesehatan gizi juga mengatakan bahwa mengonsumsi sayuran hijau sangat baik bagi tubuh karena banyaknya kandungan vitamin di dalam sayuran hijau tersebut.

Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa kandungan zat kimia baik yang dihasilkan sayuran hijau ini mampu membunuh gen kanker di dalam tubuh manusia.

Akan tetapi, sayuran yang berdaun hijau seperti, sawi hijau (caisim), bayam, brokoli, selada, dan lain-lain, sangat mudah menyerap zat pestisida yang sering digunakan para petani untuk membunuh hama.

Oleh karena itu, supaya dapat mengonsumsi sayuran-sayuran hijau dengan baik, kamu harus perhatikan cara mencuci sayuran hijau ini.

Berikut adalah beberapa cara jitu untuk mencuci sayuran hijau:

1. Bersihkan bak cucianmu (kitchen sink) terlebih dahulu. Setelah mencuci kitchen sink dengan bersih, kamu dapat membuka semua sayuran yang hendak dicuci dan letakkan pada bak cuci tersebut.

2. Bukalah kran air, dan jangan lupa untuk menutup lubang pembuangan air di bak cucinya. Biarkan air bersih mengalir dari kran. Untuk membunuh bakteri ataupun hewan kecil seperti ulat di sayuran, kamu dapat menaburkan sedikit garam pada air yang tertampung di bak cuci.

3. Mulailah mencuci sayuran-sayuran tersebut secara keseluruhan. Setelah itu, sisihkan sayuran tersebut. Kemudian, buanglah air yang tertampung dalam bak cuci tersebut.

Mencuci sayuran satu per satu di bawah air mengalir

4. Setelah mencuci secara menyeluruh, sekarang saatnya untuk mencuci sayuran itu satu per satu. Ambillah satu helai daun caisim yang hendak kamu cuci. Cucilah sayur itu di bawah air yang mengalir dari kran.

5. Pastikan bagian batang dan daunnya telah bersih dibilas dengan air bersih. Setelah itu, tiriskan sayuran yang telah bersih pada wadah yang bersih pula.

Itulah 5 cara untuk mencuci sayuran hijau. Vitamin yang ada di dalam sayuran hijau tidak akan hilang saat dicuci, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mencuci sayuran itu dengan beberapa tahap.

Vitamin pada sayuran hanya akan hilang jika direndam terlalu lama dalam air yang diam, dan jika dicuci setelah dipotong-potong.

Sebagai tambahan informasi, akan lebih baik jika kamu mencuci sayuran dengan air yang sedikit hangat, supaya kuman-kumannya pun ikut mati. (yk)

Wiki How

Comment di sini