CiriCara: 5 Ciri Orang Mengalami Stres Berat

by
November 2nd, 2012 at 5:00 pm

CiriCara.com – Mengerjakan pekerjaan kantor yang menumpuk, mengatur keuangan, mengurus anak, dan lain sebagainya terkadang bisa membuat seseorang mengalami stres. Seseorang akan mudah mengalami stres jika dia mempunyai banyak beban pikiran. Stres jika dialami terus menerus oleh seseorang akan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti sakit kepala, kram saat menstruasi, gusi berdarah, dan lain sebagainya.

Stres yang sedang dialami seseorang juga memiliki ciri-ciri yang bisa terlihat pada perubahan fisik. Jika Anda sedang stres berat, maka akan menunjukan tanda-tanda di bawah ini yang dilansir dari Kompas.com:

1. Muntah

Stres dan kecemasan juga bisa memicu muntah. Mual dan muntah akan dialami selama jangka waktu tertentu. Biasanya mulai pada waktu yang sama setiap hari. Cara mengatasinya yaitu dengan banyak beristirahat dan meminum air putih.

2. Rambut rontok

Salah satu ciri jika Anda sedang mengalami stres berat yaitu rambut rontok. Di antara kondisi yang berhubungan dengan stres akibat rambut rontok adalah alopecia areata, sebuah gangguan autoimun yang menyebabkan sel-sel darah putih menyerang folikel rambut, akibatnya rambut menjadi rontok.

3. Mudah lupa

Jika Anda tidak bisa mengingat rincian rapat yang baru saja dilakukan, maka bisa menjadi efek penyusutan hippocampus. Stres kronis bisa mengekspos hippocampus, wilayah otak yang mengontrol memori jangka pendek dan menghambat kemampuan otak Anda untuk mengingat.

4. Mimisan

Penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus pasien yang mengalami mimisan dalam situasi stres. Dalam artikel British Medical Journal menunjukkan bahwa mimisan bisa terjadi akibat lonjakan tekanan darah yang sangat umum ketika stres. Untuk itu, sesekali Anda bisa menenangkan diri untuk menurunkan tingkat stres tersebut.

5. Kekebalan tubuh melemah

Efek paling nyata saat stres pada kekebalan tubuh yaitu sistem kekebalan tubuh yang lemah. Salah satunya, stres memicu pelepasan catecholemines, hormon yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh Anda. Pelepasan berkepanjangan dari hormon tersebut bisa mengganggu kemampuan hormon Anda. Cara terbaik untuk mengatasi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda yaitu dengan berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Itulah ciri-ciri jika Anda sedang mengalami stres berat. Bagaimanapun juga, stres harus segera diatasi agar membuat hidup terasa lebih menyenangkan. (NR)