CiriCara: Cara Mengatasi Mertua yang Menyebalkan

by
November 2nd, 2012 at 10:11 am

CiriCara.com – Tak semua ibu mertua menyukai menantunya. Ada ibu mertua yang langsung menunjukkan perasaan tidak suka kepada menantunya, seperti mengejeknya, memarahinya, mencerewetinya, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya membuat Anda “gerah” dan emosi bila menghadapinya.

Namun, emosi kepada ibu mertua sebenarnya bisa membuat keluarga Anda malah tidak harmonis. Bagaimanapun juga ibu mertua merupakan ibu dari suami Anda. Untuk itu Anda harus menjalin hubungan yang baik dengannya.

Jika ibu mertua tak mengerti Anda dan selalu menyebalkan, maka ada cara lain yang bisa Anda lakukan selain menunjukkan sikap emosi. Mau tahu cara apa yang bisa Anda lakukan? Mari simak 6 cara berikut ini:

1. Memisahkan diri

Anda mungkin merasa perlu untuk menjauh dari situasi tersebut untuk memberikan diri waktu memikirkan banyak hal hingga bisa memutuskan rencana untuk berdamai dengan ibu mertua. Berikan sinyal agar dia tahu bahwa Anda memerlukan time out dari ketegangan ini. Perlu Anda ketahui juga bahwa sebagian besar ibu mertua tidak akan pernah puas dengan pilihan anak laki-lakinya. Karena Anda mencintai suami, cobalah selalu bersikap tenang di depannya.

2. Menikmati waktu senggang

Untuk menghilangkan sedikit ketegangan tersebut, Anda bisa menyusun rencana jalan-jalan bersama suami dan anak-anak tanpa sepengetahuan ibu mertua. Meskipun dia adalah ibu mertua Anda, namun tak ada salahnya untuk menceritakana masalah tersebut kepasa sang suami. Dengan begitu, suami akan memberikan solusinya untuk Anda.

3. Menyibukkan diri

Cara terbaik untuk menghadapi ibu mertua yang cerwet yaitu menyibukkan diri di luar rumah. Anda bisa memanjakan diri sebentar untuk pergi ke salon, tempat spa, atau perawatan kecantikan agar membuat pikiran kembali segar.  Selain itu, dengan menyibukan diri keluar rumah juga akan membuat Anda tidak terlalu sering bertatap muka dengan ibu mertua dan tidak mendengar omelan atau ejekannya setiap hari.

4. Mengiyakan apa yang dikatakan

Jika ibu mertua Anda mulai bersikap sensitif, maka segeralah menjauh dari jangkauannya. Saat Anda berurusan dengan orang yang lebih tua, bertindaklah seolah tidak mengetahui apa-apa. Selain itu, saat dia sedang mengomel, Anda cukup mengiyakan perkataannya atau menganggukan kepala saja.

5. Berbicara dengannya

Anda bisa memilih untuk berkata jujur pada ibu mertua. Katakan padanya bahwa tindakan dan ucapannya mempengaruhi keluarga Anda. Dengan begitu, mungkin dia akan bisa mengubah perilakunya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan saran padanya bagaimana semestinya peran ibu mertua.

6. Berbicara dengan orangtua sendiri

Jika ada waktu senggang, maka berkunjunglah ke rumah orangtua Anda. Ceritalah kepada orangtua Anda mengenai masalah yang terjadi. Biasanya, orangtua akan memberikan saran terbaik untuk Anda dan ibu mertua.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan jika ibu mertua menyebalkan atau selalu cerewet. Bagaimanapun juga, ibu mertua merupakan ibu dari suami Anda dan hubungan harus dijaga dengan baik demi keharmonisan sebuah keluarga. (NR)

Comment di sini