Indocomtech 2012 Ajang Refleksi Pengembangan TIK di Indonesia

by
November 2nd, 2012 at 3:53 pm

CiriCara.com – Indocomtech 2012 telah hadir lagi di tengah-tengah kita semua, event pagelaran akbar yang sudah berumur 20 tahun ini hadir kembali menyapa warga masyarakat Indonesia. Pagelaran berbentuk pameran produk dan teknologi informasi serta telekomunikasi ini hadir mulai tanggal 31 hingga lima hari kedepan, yakni 4 November 2012. Pada tahun ini Indocomtech 2012 mengusung tema “Connect To The Future” dengan sasaran utama industri TIK yang berkembang di tanah air saat ini. Kita tahu bahwa industri TIK di Indonesia lagi mulai bergeliat dan berkembang pesat, oleh karenanya event Indocomtech 2012 ini hadir sebagai momentum untuk lebih mengembangkan produk TIK yang terbaru dan paling maju di tahun-tahun mendatang.

Indocomtech 2012 tidak hanya hadir sebagai gerbang momentum perkembangan industri TIK saja, tetapi gelaran akbar ini juga hadir sebagai awal refleksi industri TIK yang ada di dalam negeri. Seberapa canggih dan maju kah industri TIK di dalam negeri sendiri, dan berapa prosentase perkembangan industri TIK yang ada. Ini seharusnya menjadi pesan tersirat kepada para produsen, pengembang, dan penggiat industri TIK di Indonesia untuk lebih mengembangkan industri TIK dalam negeri.

Kabar-kabar hangat seputar hiruk pikuk dalam pagelaran Indocomtech 2012 ini juga mulai bergulir, dimana kabarnya  banyak produsen dan pengembang yang mengajak Indonesia untuk lebih fokus lagi dalam mendukung pengoptimalan jaringan pita lebar. Kita semua tahu bahwa penggunaan jaringan pita lebar yang ada di Indonesia masih belum dikelola dan dikembangkan secara optimal dan menyeluruh. Akibatnya jaringan yang sudah terkoneksi masih ada celah disana sini.

Pesan tersirat ini sangat berhubungan sekali dengan tema yang diambil oleh pihak Indocomtech, Connect To The Future. Pesan ini khusus ditujukan kepada semua insan penggerak di tanah air untuk lebih mengoptimalkan kembali jaringan broadband yang sudah dibangun. Karena dengan jaringan broadband yang kuat inilah, Connect To The Future akan bisa diwujudkan dengan mudah. Semua masyarakat dan warga negara Indonesia dapat menikmati koneksi jaringan internet dengan kecepatan tinggi, tanpa ada lagi kesan lemot yang selalu menghantui pengguna internet dalam negeri. Kesejahteraan dalam penggunaan jaringan internet juga perlu dikaji lagi oleh Pemerintah Indonesia agar warga negaranya bisa lebih “enjoy” lagi dalam mengakses jaringan internetnya.

Menindaklanjuti mengenai kesejahteraan penggunaan jaringan internet di Indonesia, ada fakta miris yang diterima Bangsa Indonesia saat ini. Dimana telah dilakukannya sebuah penelitian yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki kecepatan internet yang paling lemot diantara Negara-negara tetangga lainnya di ASIA.

Menurut hasil laporan survei yang dilakukan, rata-rata kecepatan internet di Indonesia mencapai 0,8 Megabit per detik atau setara dengan 100 Kilobyte per detik. Dibandingkan dengan negara-negara tetangga lainnya seperti Singapura dan Malaysia, Indonesia masih juga kalah saing terkait kecepatan internet yang digunakan. Rata-rata untuk negara sekelas Singapura dan Malaysia dapat mengakses internet dengan kecepatan berkisar 5,1 Megabit/detik (652 kilobyte per detik) dan 2,2 Megabit/detik (281,6 kilobyte per detik). Dari data tersebut bisa dilihat perbedaan mencolok dari kecepatan internet yang ada di Indonesia saat ini.

Melihat fakta yang ada tersebut, seharusnya Indonesia kelak bisa berbenah dan mulai mengoptimalkan jaringan broadband yang masih kurang optimal tersebut. Dengan datangnya momentum dan refleksi secara tersirat dari pagelaran Indocomtech 2012 ini, semoga para penggiat TIK di dalam negeri bisa cepat berbenah untuk menatap hari esok yang lebih maju dan berkembang. (AD)

Comment di sini