Lion Air Tergelincir di Bandara Supadio, Pontianak

by
November 2nd, 2012 at 9:55 am

Pontianak (CiriCara.com)Lion Air, maskapai penerbangan dengan slogan ‘We Make People Fly’ tergelincir kemarin malam, Kamis 1 November 2012, pukul 19.45 di Bandara Supadio, Pontianak.

Proses evakuasi pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 716 dengan rute Jakarta-Pontianak berlangsung dari pukul 04.00 WIB hingga 09.00 WIB. Ketika proses evakuasi masih berlangsung, Bandara Supadio ditutup dari segala aktivitas.

“Kita tutup dulu sementara,” kata General Manager Angkasa Pura II, Abiyoso seperti dikonfirmasi oleh Detik.com pada Jumat 2 November 2012.

Jika proses evakuasi ini belum selesai maka proses akan dilanjutkan pada malam nanti. Posisi pesawat saat ini berada di ujung runway 33 Bandara Supadio. Sejak pesawat tergelincir, kegiatan di bandara ini terhenti dan hanya dibuka untuk pesawat dengan kapasitas kecil.

Untuk mengevakuasi pesawat ini, menurut Abi, pihaknya sudah mendatangkan tim savage dan juga tim teknis dari Bandara Soekarno-Hatta dan telah bekerja sejak pukul 04.00 WIB.

Tergelincirnya Lion Air ini diduga akibat roda depan pesawat yang masuk ke luar landasan yang licin akibat hujan. Edward Sirait selaku Direktur Umum Lion Air membenarkan penyebab tergelincirnya pesawat.

“Waktu mau memutar terpeleset,” katanya seperti dikutip oleh sumber yang sama.

Saat pesawat tergelincir tidak ada penumpang yang mengalami luka. Barang bawaan pun sudah diberikan kepada masing-masing penumpang. Sementara penyebab pasti tergelincirnya pesawat belum diketahui karena kondisi pesawat masih dicek oleh Tim KNKT.

Musim hujan memang menjadi masalah bagi penerbangan di tanah air karena rentan dengan masalah teknis di landasan bandara. Beberapa waktu lalu maskapai Sriwijaya Air juga mengalami penundaan penerbangan di Bandara Juanda, Surabaya karena masalah teknis di bagian hidroliknya. (RN)

Comment di sini