Video: Koshik, Si Gajah yang Berbahasa Korea

by
November 2nd, 2012 at 9:14 am

PA/Daily Mail

CiriCara.com – Fakta bahwa hewan dapat menirukan suara manusia, sudah bukan hal yang aneh lagi sekarang ini. Setelah pemberitaan mengenai paus beluga yang bisa menirukan suara manusia. Kali ini, seekor gajah dikabarkan dapat berbahasa Korea. Benarkah demikian?

Dilansir dari Dailymail.co.uk, seekor gajah jantan usia 22 tahun yang dipelihara oleh salah satu kebun binatang di Korea Selatan, diketahui dapat menghasilkan suara mirip suara manusia yang berbahasa Korea.

Jika suara yang dihasilkan gajah yang bernama Koshik itu, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka bunyinya seperti mengatakan “halo”, “baik”, dan “tidak”.

Bagaimana gajah jantan ini dapat menghasilkan suara mirip manusia? Kabarnya, Koshik hanya tinggal meletakkan ujung belalainya di mulutnya. Dengan demikian suara yang dihasilkannya terdengar mirip dengan pitch dan nada yang dihasilkan suara manusia.

Menurut keterangan Angela Stoeger, seorang ahli di bidang komunikasi gajah dari Universitas Vienna, Austria, mengatakan bahwa suara manusia hanya memiliki 2 aspek penting, yaitu titinada (pitch) dan warna nada (timbre).

Menariknya, Koshik mampu mencocokan keduanya saat dia menghasilkan suara dengan belalai berada di mulutnya.

Angela juga mengatakan bahwa ini adalah hal yang luar biasa dan ajaib, mengingat gajah dan manusia memiliki anatomi yang jauh berbeda.

Untuk membuktikan bahwa Koshik memang benar-benar berbicara bahasa Korea, Angela dan rekannya merekam suara yang dihasilkan gajah Asia itu, lalu memperdengarkannya kepada orang Korea asli. Tujuannya ialah untuk mengetahui apakah orang Korea tersebut mengerti apa yang Koshik katakan.

Alhasil, ternyata suara yang dihasilkan Koshik itu menirukan 5 kata berikut ini dalam bahasa Korea, yaitu “annyong”, “anja”, “aniya”, “nuo”, dan “choah”. Masing-masing kata tersebut berarti “halo”, “duduk”, “tidak”, “berbaring”, dan “baik”.

Berikut adalah video Koshik saat sedang berbicara dengan pelatihnya

(yk)

Daily Mail

Comment di sini