4 Jagoan Samsung yang Dipersenjatai Windows Phone 8

by
November 5th, 2012 at 9:51 am

CiriCara.com - Akhir-akhir ini kemunculan OS Windows Phone 8 semakin menjadi bahan pembicaraan dimana-mana. Tidak ketinggalan para produsen gadget baik itu produsen smartphone ataupun tablet  mulai bergeliat menyambut OS terbaru buatan Microsoft ini.

Salah satunya  adalah produsen besar smartphone dan tablet asal Taiwan yaitu Samsung yang  sudah mencuri start terlebih dahulu dengan produk-produk terbaru ber-OS Windows Phone 8 yang diberi nama seri Ativ. Ada 4 produk Samsung yang dipersenjatai Windows Phone 8, yakni 1 smartphone, 1 tablet, dan 2 perangkat “Smart PC”.

Apa saja jenis dan spesifikasi di setiap produknya? Berikut CiriCara.com sudah merangkumnya untuk pembaca sekalian :

Ativ Smartphone

Ponsel pintar seri Ativ S ini hadir dengan sokongan prosesor berkecepatan tinggi yaitu 1,5 Ghz Dual Core besutan Qualcomm dan memiliki RAM 1 GB plus tambahan memori dari 16 hingga 32 GB. Untuk soal layar, ponsel pintar berukuran 4,8 inci dilengkapi teknologi khas Samsung, yaitu Super Amoled HD plus kaca antigores buatan Gorilla Glass tepi 2. Ponsel ber-OS Windows Phone 8 ini mengusung kamera belakang sebesar 8 MP dengan flash dan dukungan kamera depan sebesar 1,9 MP. Sedangkan untuk dukungan teknologi dan konektivitas yang ada di dalamnya, smartphone ini mendukung jaringan GSM HSPA dan teknologi NFC  untuk proses transaksi.

Ativ Tab

OS Windows 8 tidak hanya hadir pada prosesor berarsitektur Dual Core saja, tetapi OS ini juga dapat bekerja dengan bagus pada prosesor berarsitektur ARM seperti tablet. Ativ tab  bekerja pada prosesor dengan dukungan ARM dan khusus menjalankan OS Windows 8 dengan versi RT (Run Time) karena Windows 8 RT ini memang didesain khusus untuk perangkat bertipe prosesor ARM. Ativ Tab hadir dengan dua tipe berdasarkan pilihan memori yang akan dipilih, tipe 32 GB dan 64 GB. Layar pada Ativ Tab mempunyai resolusi sebesar 1.366 x 768 pixel dengan prosesor dual core, 1500 MHz.

Kamera yang diusung berkekuatan 5 MP untuk kamera belakang plus LED flash dan kamera depan sebesar 1,9 MP. Sementara untuk dukungan lainnya baik itu konektivitas ataupun teknologi yang diusung, Ativ Tab menambahkan beberapa spesifikasi seperti teknologi Qualcomm Snapdragon S4 Plus APQ8060A. Selain itu, tablet ini juga sudah didukung Aplikasi Office Home and Student 2013 RT. 

Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pro

Inovasi Samsung tidak hanya berhenti pada perangkat-perangkat ponsel pintar dan tablet saja, terbukti dengan dimunculkannya sebuah produk perpaduan antara tablet dan notebook. Samsung menghadirkan seri Smart PC bernama Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pro yang bisa berfungsi layaknya notebook dengan dock keyboard bawaan.

Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pro hadir dengan ukuran layar 11,6 inci dengan teknologi sentuhan layar hingga 10 jari sehingga pengguna bisa melakukan berbagai manuver seperti cubitan, putaran gambar hingga membolak-balikkan sesuatu pada layar Smart PC tersebut dengan mudah. Dalam hal konektivitas, Smart PC dipersenjati slot Micro-HDMI, MicroSD, USB, bluetooth, serta Wi-Fi, 3G dan 4G untuk koneksi internet.

Perbedaan antara Smart PC dan Smart PC Pro hanya berbeda pada sisi hardware saja. Smart PC didukung prosesor Intel Atom dengan Seri Clover Trail dan RAM sebesar 2 GB, sedangkan Smart PC Pro didukung prosesor Core i5 dengan RAM 4 GB. Untuk dukungan resolusi layar masih hampir sama yaitu 1.366 x 768 pixel HD. Perbedaan lain ada di kamera, Smart PC hadir dengan kamera belakang 8 MP dengan flash dan kamera depan 2 MP. Smart PC Pro sendiri hadir dengan kamera depan 2 MP, dan kamera belakang 5 MP tanpa flash. Mungkin itu perbedaan mencolok dari kedua jenis Smart PC Ativ ini. (AD)

Comment di sini