Anak-anak SD Demo Jokowi di Balai Kota

by
November 5th, 2012 at 4:23 pm

Merdeka

Jakarta (CiriCara.com) – Pagi ini, Senin, 5 November 2012, sekitar 50 orang warga Kebon Nanas, Jakarta Timur yang menempati area sekitar kompleks pemakaman China melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Jakarta.

Demonstran yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak SD itu menuntut tentang kejelasan soal penggusuran yang melibatkan wilayah mereka.

“Kami mau digusur dan sekarang minta kejelasan soal penggusuran. Dulu mau digusur sama Foke (Fauzi Bowo). Tapi sekarang anak-anak sedang ujian, jadi kami minta penjelasan soal permukiman kami,” kata Andayan, salah seorang warga Kebon Nanas di depan Balai Kota Jakarta seperti dikutip Inilah.com.

Melalui kepemimpinan Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta baru, Andayan mewakili warga yang menghuni area pemakaman China agar tempat tinggal mereka tidak digusur dengan alasan anak-anak mereka sedang ujian.

Anak-anak SD yang mengikuti demo tersebut masih memakai pakaian seragam sekolah. Entah siapa yang menyuruh, mereka juga membawa poster yang terbuat dari bekas kardus dengan tulisan yang ditujukan bagi Jokowi-Ahok agar rumah mereka tidak digusur.

Rumah yang berdekatan dengan komplek pekuburan China itu sedianya akan digusur pada bulan November tahun lalu saat Gubernur DKI Jakarta masih dijabat oleh Fauzi Bowo (Foke).

Menanggapi hali ini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta menegaskan bahwa selama periode pemerintahan Jokowi tidak akan terjadi penggusuran.

“Selama bapak (Jokowi) menjabat, tidak ada yang namanya penggusuran,” katanya.

Aksi demo ini berlangsung di sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan dan berlangsung damai sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas. Perwakilan demo hanya diterima oleh staf di Balai Kota karena Jokowi sedang melakukan rapat dengan PT KAI dan Dishub saat demo berlangsung. (RN)

Comment di sini