CiriCara: Cara Agar Dihormati Rekan Kerja

by
November 5th, 2012 at 2:59 pm

CiriCara.com – Setiap orang tentunya ingin dihormati dan dihargai oleh orang lain. Rasa hormat juga bisa Anda dapatkan pada saat di lingkungan kerja. Jika Anda sudah mendapatkan respek, maka rekan kerja lainnya akan mendengarkan perkataan dan mengambil tindakan ketika diperintahkan.

Tanpa adanya rasa hormat, Anda hanya akan jadi bahan lelucon saja. Namun, untuk mendapatkan rasa hormat tersebut, Anda tidak harus menjadi orang yang kaya, sukses, atau memiliki kekuasaan. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan rasa hormat dari rekan kerja lainnya. Mau tahu apa saja yang bisa Anda lakukan? Untuk itu Anda perlu menyimak tips yang dicuplik Inc.com berikut ini:

1. Jadi diri sendiri

Rekan kerja tidak akan menaruh hormat pada orang yang hanya ikut-ikutan atau berpura-pura menjadi orang lain. Jika ingin dihormati oleh rekan-rekan kerja di kantor, maka Anda harus bisa menjadi diri sendiri. Lebih baik jadi diri sendiri daripada harus berpura-pura menjadi orang lain karena hanya akan menyiksa diri sendiri Anda juga nantinya.

2. Memiliki rasa ingin tahu

Ketika benar-benar ingin tahu dan tertarik dengan orang lain, Anda akan benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan. Ketika orang lain tahu bahwa diri mereka didengarkan, mereka akan memberitahu Anda apa yang penting bagi mereka. Memiliki rasa ingin tahu bukan hanya membuat orang lain bisa menghargai Anda, tetapi juga membantu melakukan pekerjaan dengan mudah.

3. Tidak ikut bergosip

Tempat kerja merupakan ladang subur bagi tumbuhnya gosip. Bukan hanya masalah pekerjaan, tetapi juga masalaah pribadi seseorang. Tak akan ada orang yang menghormati si tukang gosip. Jika orang lain menganggap Anda adalah tukang gosip dan tak bisa dipercaya, maka akan kehilangan untuk mendapatkan rasa hormat.

4. Menolong orang lain

Menjadi orang yang selalu memberikan kontribusi merupakan hal yang membuat Anda mendapatkan respek dari orang lain. Tak ada ruginya menolong orang lain untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan. Seberapa besar bantuan dan kontribusi yang Anda berikan, sebesar itu pula rasa hormat yang akan di dapat. Tunjukkanlah sikap saling tolong-menolong pada saat di kantor jika Anda ingin dihargai dan dihormati oleh rekan kerja lainnya.

5. Tetapkan batasan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar bisa dihormati oleh rekan kerja di kantor adalah menetapkan batasan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Ketika mendapatkan pekerjaaan yang jelas mustahil, jelaskan seberapa besar yang bisa Anda berikan dengan waktu yang diharapkan. Selain itu, ketika seseorang menjadi terlalu bergantung pada Anda, beritahu secara tegas seberapa besar bantuan yang bisa diberikan untuk mereka. Semakin kuat batasan yang Anda buat, semakin besar juga repek yang didapat.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan respek dari rekan kerja. Namun, perlu diingat juga bahwa jangan sampai Anda “gila hormat” di lingkungan kerja karena malah akan membuat Anda dijauhi oleh rekan kerja lainnya. (NR)

Comment di sini