CiriCara: Cara Ampuh Melampiaskan Emosi

by
November 5th, 2012 at 10:59 am

CiriCara.comPerasan ingin marah merupakan hal yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Marah merupakan emosi yang muncul ketika ada sesuatu yang tidak Anda senangi. Meluapkan rasa marah bisa menghabiskan energi dan membuat perasaan menjadi tidak karuan.

Namun, sebenarnya perasaan marah atau emosi tersebut bisa diatasi dan dilampiaskan dengan cara yang sehat. Meluapkan emosi atau marah kepada orang lain terkadang membuat keadaan menjadi bertambah buruk. Untuk itu, Anda harus melampiaskan atau mnegatasinya dengan cara yang benar dan sehat. Dilansir dari Ehow.com, inilah cara yang benar melampiaskan emosi:

1. Mengatur nafas

Cara yang paling cepat saat Anda mulai emosi adalah menarik napas dalam-dalam dari diafragma. Cara ini bisa Anda lakukan karena dapat memberikan oksigen ke otak dan mengendurkan otot yang tegang. Teruslah mengatur napas sambil mengatakan hal-hal yang menyenangkan.

2. Komunikasi

Jika sudah merasa emosi, maka ekspresikanlah kemarahan Anda dengan cara yang tegas dan jelas, tapi jangan terlalu agresif. Jelaskan alasan mengapa Anda marah dan apa yang sebenarnya diinginkan. Jika Anda tak bisa melakukannya karena terlalu emosi, maka bicaralah kepada orang terdekat, seperti sahabat atau keluarga. Selain itu, Anda juga bisa meluapkan emosi tersebut di buku harian agar bisa merasa sedikit tenang.

3. Humor

Cara yang cukup ampuh dan bisa Anda lakukan pada saat sedang emosi yaitu dengan humor. Humor bisa melepas ketegangan dan mencari sesuatu untuk membuat mood Anda kembali baik. Berbincang dan bercanda tawalah dengan teman yang memiliki selera humor yang baik. Tentunya mereka akan memberikan hiburan dan membantu Anda keluar dari perasaan emosi tersebut. Selain itu, humor juga bisa Anda dapat dengan menonton film atau serial televisi ber-genre komedi.

4. Mencari ruang

Saat Anda sedang kecewa dan ingin meluapkan kemarahan, pergilah ke suatu tempat. Carilah udara segar dan tempat yang sepi untuk menghindari pertengkaran dengan orang yang terlibat permasalahan. Tempat seperti itu tentunya akan membuat Anda lebih merasa tenang dan bisa berpikir jernih kembali.

5. Berolahraga

Berolahraga bisa membantu melepas ketegangan dan memfokuskan kembali energi Anda. Senam aaerobik bisa membantu melepas endorphin, hormon pereda nyeri yang diproduksi tubuh yang berfungsi mengembalikan mood yang hilang. Selain aerobik, jogging atau jalan santai juga bisa menenangkan pikiran Anda.

6. Konseling

Mencari bantuan dari pihak luar bisa Anda lakukan untuk mengangani emosi yang mungkin cukup sulit diatasi. Berbicaralah dengan seseorang yang profesional untuk membantu Anda mengatur emosi dengan baik.

7. Berubah

Emosi terjadi bukan hanya dari pihak luar saja, melainkan bisa datang dari diri Anda sendiri. Hal tersebut mengharuskan Anda untuk bisa mengubah cara berpikir. Mulailah mengganti pikiran negatif “aku gagal” dengan “akan aku lakukan lagi dan pasti berhasil.” Jika Anda selalu mengubah cara pandang terhadap situasi yang membuat marah, maka bisa menjadi lebih bijaksana.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan jika sudah emosi yang menggebu-gebu. Perlu diingat bahwa amarah atau emosi yang menggebu-gebu bisa membuat kesehatan Anda terganggu. Anda bisa saja mengidap penyakit stroke dan darah tinggi jika terlalu sering meluapkan emosi. (NR)

Comment di sini