CiriCara: Cara Menyembuhkan Sariawan Pada Bayi

by
November 5th, 2012 at 3:56 pm

CiriCara.com – Tahukah Anda bahwa bayi bisa sariawan pada saat ia masih meminum ASI? Bayi bisa mengembangkan sariawan karena tumbuhnyaa jamur, seperti jenis Candida albicans yang dapat ditularkan melalui puting payudara si ibu.

Bayi sangat sensitif, untuk mengobati sariawan tersebut Anda harus melakukan cara alami. Cara alami seperti apa yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sariawan si bayi? Dicuplik dari Naturalnews.com, inilah 6 cara yang bisa Anda lakukan:

1. Probiotik

Makanan yang kaya akan probiotik bisa Anda dapatkan pada acar, kimchi, yoghurt, dan suplemen probiotik. Dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut bisa menjaga keseimbangan bakteri sehat dan menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk jamur Candida.

2. Diet yang tepat

Agar kekebalan tubuh Anda dan si bayi kuat, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian dan menghindari makanan olahan dan gula. Jamur Candida bisa berkembang karena alergi pada makanan. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya.

3. Cuka sari apel

Jamur dan cuka tidak akan bisa hidup berdampingan. Oleh karena itu, cuka bisa mencegah pertumbuhan jamur pada mulut bayi. Jika bayi sedang sariawan, maka Anda bisa mengoleskan cuka sari apel ke puting payudara. Dengan begitu sariawan yang dialami si bayi lama-kelamaan akan hilang.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni merupakan anti jamur alami yang sangat ampuh dan aman untuk si bayi. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke puting payudara sehingga bisa mencegah pertumbuhan jamur di mulut si bayi.

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang bisa dijadikan antibiotik dan kuaat untuk para ibu. Anda bisa menambahkan bawang putih segar ke dalam masakan agar bayi juga bisa merasakan manfaatnya.

6. Ekstrak biji grapefruit

Ekstrak biji grapefruit merupakan anti jamur yang aman untuk si bayi. Cairkan dengan air, lalu Anda bisa teteskan ke mulut si bayi. Saat ditetesi, bayi akan merasa kepahitan. Namun, khasiatnya akan terasa untuk si bayi.

7. Udara segar

Jamur dapat berkembang dalam lingkungan yang gelap dan lembap. Untuk itu, jangan pernah Anda memakai pakaian yang ketat agar jamur tidak berkembang di payudara. Memakai pakaian ketat akan membuat sirkulasi udara tidak lancar. Dengan begitu, bayi Anda tidak akan mengalami sariawan.

Itulah tips yang bisa diberikan untuk ibu agar sariawan yang dialami bayi bisa sembuh. Bagaimanapun juga kesehatan bayi harus Anda perhatikan. Perlu diingat juga bahwa ibu menyusui harus memperhatikan asupan makananya agar si bayi memiliki badan yang sehat. (NR)

Comment di sini