CiriCara: Cara Sederhana Tapi Efektif Untuk Atasi Flu

by
November 5th, 2012 at 2:56 pm

CiriCara.com - Walau terdengar sepele, flu dapat menjadi gangguan serius ketika sedang beraktivitas ataupun bekerja. Umumnya gejala flu awalnya ditandai dengan berkurangnya kemampuan untuk konsentrasi.

Penyakit karena flu biasa dibarengi oleh penyakit-penyakit lainnya, seperti sakit tenggorokan disertai rasa nyeri dan susah untuk menelan makanan, kemudian terjadi demam, dan nyeri di setiap bagian tubuh atau nyeri otot.

Kondisi tersebut tentu saja akan terasa mengganggu sekali. Oleh karena itu ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mengatasi flu tanpa menggunakan obat. Berikut ini adalah beberapa cara efektif dan sederhana yang dapat dilakukan:

Meniup hidung

Hidung yang tersumbat oleh flu dapat membuat kesulitan dalam bernafas. Cara efektif adalah meniup hidung sehingga lendir yang berada di dalamnya dalam keluar, yaitu dengan menekan salah satu lubang hidung dan meniupnya secara bergantian. Dengan membiarkan lendir berlama-lama di dalam hidung akan memperburuk keadaan karena lendir dapat masuk ke dalam paru-paru sehingga memicu terjadinya infeksi.

Istirahat yang cukup

Flu dapat membuat sistem imun tubuh menurun, maka dari itu dengan istirahat yang cukup dapat meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh, sehingga imun tubuh akan jauh lebih kuat untuk mengatasi flu. Tidur sejenak dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih segar. Untuk itu jangan menggunakan suhu AC yang terlalu dingin pada ruangan, dan gunakan pakaian hangat.

Berkumur

Berkumur-kumur dengan air hangat dapat meringankan sakit pada tenggorokan akibat flu. Bila perlu air tersebut dicampur dengan bahan rempah-rempah misalnya jahe, kunyit, dan kayu manis. Sebaiknya lakukan berkumur sebanyak minimal 4 kali agar lebih efektif meredakan sakit ternggorokan.

Minum air hangat

Minum banyak air hangat dapat membantu sekali menurunkan demam dan dehidrasi yang terjadi. Di samping itu juga membantu meredakan sakit di tenggorokan. Selain itu, uap air hangat juga bisa dimanfaatkan. Caranya yaitu dengan meletakkan wajah di atas air hangat tersebut beberapa saat, sehingga uap akan masuk ke dalam hidung dan akan mengencerkan lendir dalam rongga hidung. Umumnya campuran air yang digunakan untuk menghasilkan uap tersebut dicampur dengan bahan rempah-rempah yang mempunyai aroma yang khas, seperti minyak kayu putih, kunyit, dan jahe.

Makan makanan pedas

Makanan pedas yang ditambahkan cabai dapat mengencerkan lendir yang terdapat pada hidung. Hal ini disebabkan karena senyawa capcaisin pada lada maupun cabe dapat yang menimbulkan sensasi pedas dan panas. Sangat disarankan untuk makan sup yang telah ditaburi lada atau cabe dengan takaran yang telah disesuaikan.

Langkah-langkah di atas dapat dilakukan untuk membantu mengurangi dan mengatasi masalah gangguan flu yang cukup menganggu aktivitas sehari-hari. Namun, bila sakit masih dirasakan berlanjut sebaiknya segera menghubungi dokter. (RF)

Comment di sini