Menggigit Kuku Jari Tangan Bukan Sekadar Kebiasaan Buruk

by
November 5th, 2012 at 10:08 am

CiriCara.comKebiasaan buruk apakah yang kamu miliki? Tidak ada manusia yang tidak memiliki kebiasaan buruk. Hampir semua orang memiliki kebiasaan buruk seperti mengunyah makanan dengan bersuara, menyakiti diri sendiri saat sedang kesal, bahkan sering pula dijumpai orang yang hobi menggigit kuku jari tangannya.

Apakah kamu memiliki kerabat atau orang terdekat dengan kebiasaan buruk tersebut? Atau jangan-jangan kamu sendiri?

Menurut hasil penelitian, ada sekitar jutaan orang di dunia yang memiliki kebiasaan menggigit kuku jari. Parahnya, kebiasaan yang sering kali digolongkan sebagai kebiasaan buruk ini lebih sulit dihilangkan daripada kebiasaan merokok.

Oleh sebab itu, para ahli medis meneliti lebih dalam mengenai penyebab kecenderungan orang gemar menggigit kuku jarinya.

Ternyata kesimpulan para ahli ialah menggigit kuku jari bukan sekadar kebiasaan buruk saja, melainkan sudah tergolong dalam gangguan obsesif-kompulsif atau Obsessive-Compulsive Disorder (OCD).

Ini merupakan gangguan yang mengakibatkan kegelisahan dan kekhwatiran tingkat tinggi sehingga muncul perilaku yang dilakukan berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan tersebut.

Salah satu perilaku berulang-ulang itu adalah kebiasaan menggigit jari tangan, atau adapula, orang yang kebiasaan mencuci tangan hingga lecet, hanya karena mereka berjabat tangan dengan orang lain.

Scott Camazine/Daily Mail

Menurut seorang psikiater dari Universitas California, yang bernama Carol Mathews, kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dengan menjambak-jambak rambut sendiri, mencabut kulit, dan menggigit kuku tidak menjadi gangguan yang berarti jika hanya sesekali dilakukan. Akan tetapi, jika terjadi pengulangan dengan perilaku serupa, maka orang tersebut dapat dikategorikan sebagai orang yang stres, karena memiliki kecemasan dan ketakutan tersendiri di alam bawah sadarnya.

Dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan tersebut, ialah apabila kecenderungan menggigit kuku itu sampai mengakibatkan kerusakan pada fungsi tangan karena terjadi banyak infeksi, atau bahkan menimbulkan penyakit bagi individu tersebut, karena banyaknya kuman yang masuk ke tubuhnya melalui kuku yang digigit dan dikunyah.

Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah dengan kebiasaan menggigit kuku jari. Itu bukanlah kebiasaan buruk semata, tapi lebih pada gangguan kejiwaan. Coba introspeksi diri, apakah yang menyebabkan kamu atau orang terdekatmu menggigit-gigit jari tangan! (yk)

Daily Mail