Rem Blong Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Maut Baturraden

by
November 5th, 2012 at 9:55 am

VIVAnews

Purwokerto (CiriCara.com) – Kecelakaan maut yang menewaskan enam orang di Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah dipastikan karena rem bus yang blong.

Seperti yang diberitakan oleh Tribunnews.com, bus milik PO RHJ (Raharja) bernopol AB 2586 AC itu meluncur cepat dari arah Baturraden melintasi jalanan yang licin akibat hujan.

Karena tidak lagi bisa dikendalikan, bus melewati batas dan menabrak tembok, mobil Isuzu Panther, tiga sepeda motor, gerobak bakso, dan pohon palem. Kecelakaan beruntun ini tepat terjadi di jalan menurun jalur wisata Purwokerto-Baturraden, Desa Rempoah, Baturraden pada Minggu 4 November 2012 sore.

Kondisi bus setelah peristiwa penabrakan dalam kondisi rusak parah di bagian depan, kaca samping kiri bus pecah, dan roda rusak.

Bus Raharja adalah bus yang mengangkut rombongan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Muslim Indonesia yang mengangkut calon-calon dokter dari berbagai universitas. Himpunan mahasiswa kedokteran itu datang ke Baturraden untuk melakukan city tour usai mengikuti seminar nasional.

“Siang itu kami berangkat dari kampus pusat Universitas Jenderal Soedirman untuk berkeliling ke lokawisata Baturaden usai acara seminar nasional, setelah berkeliling kami turun dan terjadi kecelakaan,” tutur Ahmad Mansur, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang yang juga mengikuti seminar seperti dikutip Detik.com.

Dua orang mahasiswa kedokteran yang tewas bernama Novitia Lutfiatul Khoriyah (19), warga Bukitjaya, Palelawan, Riau dan Esti Ilma Zakiya (18), dengan alamat Jalan Jendana No 19 A Bekasi. Keduanya adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro (Undip), Semarang.

Selain enam korban tewas, kecelakaan bus ini menyebabkan dua belas korban luka ringan dan dua orang korban luka berat. (RN)

Comment di sini