Sudah Tahu Fitur Baru di Android Jelly Bean 4.2?

by
November 5th, 2012 at 10:49 am

CiriCara.com - Apple tidak sendirian ketika merilis produk terbaru di jajaran tablet, sistem operasi, dan komputer. Google juga sedang rajin merilis produk terbaru yang tahun ini. Setelah ponsel Nexus 4 dan Tablet Nexus 10 dirilis di New York, Google merilis versi terbaru Sistem Operasi Android terbaru, Jelly Bean 4.2.

Versi Jelly Bean generasi sebelumnya (4.1) sudah dirilis beberapa waktu yang lalu, dan hanya dalam hitungan bulan sistem operasi Android ini sudah mempuyai versi teranyarnya. Android Jelly Bean 4.2 mengusung banyak perubahan fitur yang ada di dalamnya. CiriCara.com menghimpun ada beberapa fitur baru yang sudah ditanamkan pada sistem operasi Android versi terbaru ini. Berikut fitur-fitur baru yang ada di dalamnya :

Banyak user

Fitur pertama yang menjadi sorotan Android Jelly Bean 4.2 adalah multiple user login. Fitur ini bermanfaat untuk pengguna yang bergantian memakai satu perangkat. Setiap user bisa memiliki akses masing-masing untuk dapat masuk ke dalam sistem perangkat. Setiap user dapat mengubah hak aksesnya masing-masing tanpa harus meminta izin kepada yang punya. Sayangnya fitur User Login ini masih belum bisa diterapkan pada perangkat smartphone, ke depannya mungkin akan lebih dioptimalkan untuk perangkat-perangkat selain tablet.

Photo Sphere

Fitur Photo Sphere merupakan fitur baru yang Android Jelly Bean 4.2 yang memungkinkan penggunanya untuk dapat  mengambil foto dari segala arah yang diinginkan.  Sekilas, fitur ini tampak seperti Panoramic Photo dan Street View.

Keyboard Gestures

Keyboard Gestures hadir sebagai pelengkap aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga yang sudah diakuisisi Google dengan penyempurnaan di berbagai sisi. Fitur ini lebih dikenal secara luas dengan nama Swipe, di mana si pengguna tablet dapat dengan mudah mengetik pesan dengan hanya menyapukan jari di atas huruf pada layar. Fitur ini disisipkan karena banyak pengguna tablet berlayar sentuh yang kesulitan untuk mengetikkan huruf di perangkat tabletnya.

Output Wireless Display

Fitur Wireless Display membuat pengguna Android Jelly Bean 4.2 mampu menghubungkan perangkat dengan monitor tanpa menggunakan kabel.  Satu-satunya syarat agar fitur ini bisa digunakan secara optimal adalah bila monitor yang akan dihubungkan harus mendukung Miracast, merk dagang Wi-Fi Direct (WiDi). Miracast merupakan protokol jaringan 802.11m untuk berbagi layar. Dengan menggunakan adaptor Miracast, pengguna Jelly Bean 4.2 bisa menonton film atau streaming video di monitor.

Notifikasi

Android Jelly Bean 4.2 juga memiliki perluasan fungsi notifikasi atau pemberitahuan. Sistem Operasi Android Jelly Bean 4.2 semakin memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mendapatkan berbagai notifikasi atau pemberitahuan terbaru hanya dengan hanya satu swipe atau sapuan jari saja.

Itulah beberapa peningkatan fitur yang diusung oleh versi terbaru Android Jelly Bean. Persaingan di dunia teknologi semakin seru dengan munculnya Jelly Bean 4.2.  (AD)

Comment di sini