Unik, Aroma Roti Dapat Pengaruhi Perasaan Seseorang

by
November 5th, 2012 at 3:28 pm

CiriCara.comAroma roti yang baru matang bukan hanya menggoda selera untuk segera menyantapnya, tapi juga dapat meningkatkan kebaikan hati seseorang.

Penelitian terbaru mengatakan bahwa aroma roti yang baru keluar dari oven/panggangan mampu mendorong seseorang berbuat baik, meski pada orang yang tidak dikenalnya.

Memang beberapa penelitian sudah menemukan bahwa aroma tertentu mampu menimbulkan suasana gembira pada hati seseorang. Namun, penelitian terbaru ini membuktikan lebih jelas bahwa aroma yang ditimbulkan saat roti baru matang dan baru dikeluarkan dari oven, dapat menggerakkan hati seseorang untuk berbuat baik.

Para ahli dari Universitas Southern Brittany di Prancis, mengadakan uji coba dengan meminta bantuan 8 pemuda dan 8 pemudi sukarelawan yang masing-masing disuruh untuk berdiri di dekat toko roti (bakery), dan toko busana (boutique).

Ketika ada pembeli yang keluar dari bakery dan boutique tersebut, ataupun pejalan kaki yang melintas di sana, masing-masing sukarelawan tersebut harus berpura-pura menjatuhkan suatu benda saat mereka mencari sesuatu di dalam tasnya.

Setelah dilakukan 400 kali, ternyata sukarelawan yang berada di depan bakery mendapat bantuan lebih banyak daripada sukarelawan yang berada di dekat boutique.

Hasilnya menunjukkan bahwa 77% orang yang melintasi bakery itu lebih peduli dan mau membantu, sedangkan hanya 52% pejalan kaki maupun pembeli di depan boutique, yang mau membantu para sukarelawan tersebut.

Hasil penelitian ini diumumkan pada Journal of Social Psychology. Faktanya, aroma lezat roti yang baru matang memicu perasaan positif yang mampu mengarahkan seseorang untuk berbuat baik meski pada orang yang tidak dikenalnya.

Untuk membuktikan kebenaran penelitian ini, kamu dapat mencobanya bersama teman-teman. (yk)

Daily Mail

Comment di sini