CiriCara: Cara Mengobati Sakit Ringan dengan Temulawak

by
November 6th, 2012 at 1:08 pm

CiriCara.com – Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia dan termasuk salah satu jenis temu-temuan yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku obat tradisional. Temulawak telah dibudidayakan dan banyak ditanam di pekarangan atau tegalan. Selain itu, temulawak juga sering ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan padang alang-alang.

Tanaman ini lebih produktif pada tempat terbuka yang terkena sinar matahari dan dapat tumbuh mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Meskipun memiliki bau yang sangat tajam, namun temulawak dipercaya bisa bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk sistem pencernaan. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari temulawak seperti yang dilansir Mediaindonesia.com berikut ini:

1. Mengobati sembelit

Jika Anda atau keluarga mengalami sembelit, maka bisa diobati dengan ramuan temulawak. Caranya, persiapkan 1 rimpang temulawak, 3 buah asam, dan 1 potongan gula merah. Iris tipis-tipis temulawak, kemudian Anda angin-anginkan. Setelah temulawak kering, campurkan dengan bahan lainnya dan seduh dengan air hangat. Biarkan ramuannnya dingin terlebih dahulu, setelah itu Anda baru bisa meminumnya. Minum 2 kali sehari ramuan tersebut agar sembelit yang Anda alami bisa teratasi.

2. Mengobati sakit perut

Temulawak sangat ampuh sebagai ramuan jika Anda mengalami sakit perut dan nyeri haid. Caranya, siapkan 1 rimpang temulawak, asam, dan gula merah. Setelah itu, parut temulawak kemudian rebus bersama kedua bahan tersebut dengan 1 gelas air. Anda bisa meminumnya 2 kali sehari saat pagi dan sore. Dengan begitu, sakit perut atau nyeri haid yang Anda alami akan segera terobati.

3. Mengobati sakit maag

Bagi Anda yang sakit maag, cobalah resep dari temulawak. Caranya, sediakan 1 rimpang temulawak dan iris tipis-tipis. Setelah diiris, Anda bisa mengangin-anginkan hingga kadar airnya berkurang. Setelah itu, Anda bisa merebusnya dengan air secukupnya. Minum ramuan temulawak tersebut satu kali sehari agar mengobati sakit maag yang Anda derita.

4. Mengobati sakit kepala dan masuk angin

Saat Anda sedang sakit kepala dan masuk angin, manfaatkanlah temulawak. Sediakan beberapa rimpang temulawak, kemudian iris tipis-tipis dan tumbuk. Setelah itu, Anda bisa merebusnya dengan 4 gelas air hingga ramuan menyusut menjadi 3 gelas. Saring dan minum ramuan temulawak tersebut selagi hangat.

Itulah beberapa khasiat temulawak untuk mengobati sakit ringan yang Anda alami. Selain keempat manfaat tersebut, temulawak juga bisa memperbaiki nafsu makan, memperbaiki fungsi pencernaan, mengurangi nyeri dan radang sendi, memelihara kesehatan fungsi hati, dan menurunkan lemak darah. (NR)

Comment di sini