CiriCara: Cara Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Pengguna Behel

by
November 6th, 2012 at 3:40 pm

CiriCara.com – Ada yang mengatakan bahwa memakai kawat gigi atau behel itu membuat penampilan jadi tidak percaya diri dan membuat repot. Hal tersebut bisa dikatakan salah jika para pengguna behel tetap merawat kesehatan mulut dan giginya.

Saat ini kawat gigi memang sudah banyak digunakan banyak orang. Tujuannya adalah entah untuk sekedar bergaya saja atau membuat gigi jadi terlihat rapi. Hal yang perlu diperhatikan bagi para pengguna behel adalah kesehatan gigi dan mulutnya. Jika tidak dirawat, maka bakteri akan terkumpul dan membuat penampilan jadi aneh. Agar para pengguna behel bisa tampil percaya diri, sebaiknya simak tips berikut ini yang dicuplik dari Healthmeup.com:

1. Mengunyah

Ketika mengunyah, Anda harus memotong makanan tersebut dalam ukuran kecil dan kunyah secara perlahan. Hal ini dimaksudkan agar kawat gigi tidak cepat mengalami kerusakan dan tidak melukai bagian mulut Anda.

2. Hindari makanan keras

Anda disarankan untuk memakan makanan yang lunak saja. Konsumsilah buah yang lunak, seperti pisang, pepaya, dan semangka. Selain itu, makanan lain yang bisa Anda konsumsi, seperti es krim ataupun yoghurt. Anda harus bisa untuk mengonsumsi makanan yang keras hingga kawat gigi tersebut dilepas.

3. Hindari permen karet

Jangan memakan permen karet dahulu saat Anda memakai behel. Permen karet yang lengket bisa menempel pada kawat gigi dan akan sulit terlepas. Jika Anda memaksakan diri untuk tetap memakannya, maka malah merepotkan diri sendiri.

4. Hindari mengonsumsi gula berlebih

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Gula bisa menyebabkan berkumpulnya bakteri di sekitar kawat gigi. Bakteri tersebut bisa menembus kawat gigi dan menggerogoti kalsium gigi.

5. Menggunakan gigi belakang saat mengunyah

Alangkah baiknya untuk menggunakan gigi bagian belakang saja saat Anda mengunyah makanan yang agak keras. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menghancurkan makanan tersebut.

6. Menggosok gigi dengan rajin

Ketika menggunakan behel akan lebih baik jika Anda menggosok gigi sesering mungkin, misalnya tiga sampai empat kali dalam sehari. Selain menggosok gigi, Anda juga bisa berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Tambahkan satu sendok makan air garam pada air untuk berkumur.

7. Banyak meminum air putih

Anda disarankan untuk banyak-banyak meminum air putih. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya bakteri dan membuat mulut Anda terasa segar. Selain itu, meminum air putih juga bisa mengurangi bau mulut.

8. Rutin ke dokter gigi

Anda juga disarankan untuk lebih rajin ke dokter gigi saat menggunakan behel. Sebaiknya lakukan pembersihan mulut dan kawat gigi setidaknya satu kali dalam sebulan. Dengan begitu kebersihan gigi dan mulut Anda akan terjaga.

Itulah cara agar tampil percaya diri bagi pengguna behel. Kesehatan mulu dan gigi harus lebih diperhatikan jika Anda sudah memutuskan untuk memakai kawat gigi. Tujuannya adalah agar kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga. (NR)

Comment di sini