CiriCara: Cara Merawat Peralatan Makan Si Bayi

by
November 6th, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Memberi makanan yang sehat untuk bayi memang sebuah keharusan yang dilakukan oleh para ibu. Bukan hanya makanan saja yang harus Anda perhatikan kebersihannya, tetapi kebersihan peralatan makannya pun juga harus diperhatikan. Jika peralatan makan si bayi tidak bersih, maka bisa menimbulkan berbagai penyakit pada dirinya.

Agar si bayi terlihat lebih sehat, Anda perlu memperhatikan kebersihan peralatan makannya. Dengan begitu, makanan yang dikonsumsinya pun akan berdampak baik bagi kesehatannya. Berikut cara yang bisa diberikan untuk Anda agar selalu menjaga kebersihan peralatan makan si bayi:

1. Pilih alat makan yang tepat

Selain menggunakan alat makan yang bersih, pastikan Anda memilih beberapa tipe yang disesuaikan agar anak bisa belajar makan sendiri. Pilihlah alat makan yang tumpul, mudah digenggam, tidak mengandung bahan yang berbahaya, dan memiliki warna yang menarik tapi tetap aman.

2. Jangan menyimpan makanan yang tersisa

Anda hanya diperbolehkan untuk menyimpan makanan yang baru dimasak. Meskipun makanan bayi belum habis dimakan, jangan pernah Anda menyimpan sisa makanan tersebut. Makanan yang terdapat di piring bayi sudah tercampur dengan air liurnya yang memungkinkan menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

3. Menggunakan sendok terpisah

Pastikan juga Anda mengambil makanan si bayi dengan sendok bersih khusus. Jangan campur sendok untuk menyuapi bayi karena tidak baik bagi kesehatannya.

4. Jangan terlalu lama mendiamkan makanan bayi

Jangan pernah meninggalkan makanan yang belum ataupun sudah dimasak di atas meja dengan suhu ruangan lebih dari 1 jam.

5. Memperhatikan label makanan

Tempelkan label yang mencantumkan keterangan isi dan tanggal pada kemasan sebelum memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan Anda dalam menyiapkan makanan si kecil tanpa harus terkecoh tanggal kadaluwarsa.

6. Membersihkan peralatan makannya dengan benar

Setelah pemakaian, Anda harus membersihkan peralatan makan tersebut dengan menggunakan sabun pencuci piring khusus bayi. Pastikan juga Anda menggunakan spons pencuci piring yang masih dalam keadaan baik. Bilas peralatan makan yang sudah dicuci tersebut dengan air keran. Sebelum disimpan, keringkan dengan menggunakan kain lembut dan simpanlah di wadah yang tertutup.

Dengan memperhatikan kebersihan peralatan makan si bayi, bayi Anda pun akan lebih sehat dan dijauhi dari berbagai penyakit. (NR)

Comment di sini