Liburan! Cara Ampuh Mencegah Flu

by
November 6th, 2012 at 2:26 pm

CiriCara.com - Penyakit flu (influenza) termasuk dalam jenis penyakit menular, dan disebabkan oleh virus influenza. Struktur virus influenza terdiri dari protein hemagglutinin (HA) dan neuraminidase (NA) yang terdapat di luar membran permukaan virus.

Virus influenza diklasifikasikan ke dalam kelompok virus RNA, dan berasal dari keluarga Orthomyxoviridae. Virus dari keluarga ini terdiri dari influenza tipe A (menginfeksi burung), Virus influenza tipe B (menginfeksi manusia) dan Virus influenza tipe C (menginfeksi manusia dan mamalia).

Virus influenza dapat menyerang semua golongan umur, dari anak-anak sampai orang dewasa. Meskipun begitu orang yang berusia lebih dari 65 tahun atau pasien-pasien pengidap penyakit serius sangat rentan terhadap infeksi ini. Virus influenza dapat menular dari satu orang ke orang lain, melalui batuk dan bersin dari pasien penderita. Masa inkubasi penyakit ini sendiri berlangsung selama satu hingga empat hari, sedangkan pada anak-anak masa inkubasi dapat berlangsung lebih lama lagi, yaitu sekitar sepuluh hari.

Pengaruh infeksi influenza pada anak-anak dapat menyebabkan panas yang tinggi hingga menimbulkan kejang demam. Hal ini karena sistem imun atau kekebalan tubuh anak-anak masih belum cukup kuat dibandingkan orang dewasa.

Biasanya penderita flu dapat ditangani dengan pemberian cairan atau minum yang cukup, menghindari minum minuman alkohol dan rokok, serta beristirahat. Jika sakit masih terus mengganggu dapat dilakukan dengan pemberian obat parasetamol untuk mengurangi gangguan nyeri pada otot dan demam.

Berikut adalah ciri-ciri umum orang yang menderita flu:

- Demam dan dingin ekstrem yang silih berganti, biasanya gejala pertama adalah kedinginan. Namun, demam juga dapat terjadi di awal-awal infeksi, dengan suhu tubuh mencapai 38 – 39°C.

- Mengalami batuk-batuk

- Mampet pada hidung karena tersumbat oleh lendir

- Seluruh badan akan terasa sakit, terutama pada persendian dan tenggorokan

- Kelelahan yang teramat sangat

- Sakit pada kepala

- Mata akan berair, mengalami iritasi, dan berwarna merah

Pada sebagian orang memang penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Hal ini karena masing-masing manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda dalam menyikapi infeksi dari virus influenza. Namun, bagi orang-orang tertentu seperti pasien gangguan paru dan jantung, influenza dapat mengakibatkan komplikasi serius.

Oleh karena itu, untuk mencegah gejala flu ini dapat menginfeksi kembali beberapa hal yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, dan cukup istirahat atau tidur minimal 8 jam sehari. Terutama makanan bergizi dan olahraga adalah faktor yang sangat begitu penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Sebagai tambahan, hal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi stres, berliburlah ketika tidak sedang bekerja. Stres diketahui dapat merusak dan menurunkan sistem imun tubuh. Dengan berlibur, maka pikiran akan lebih tenang dan segar sehingga imunitas tetap terjaga. Selain itu, liburan juga dapat memperpanjang usia seseorang. (RF)

Comment di sini