Dahlan Sebut Dua Nama Anggota DPR ‘Tukang Peras’

by
November 6th, 2012 at 9:21 am

Jakarta (CiriCara.com) – Dahlan Iskan hadir memenuhi panggilan dari Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat (BK DPR) kemarin, Senin, 5 November 2012.

Lewat pertemuan itu, BK mengungkapkan dua nama anggota DPR yang terlibat dalam aksi pemerasan terhadapa BUMN.

Seperti diberitakan oleh Tempo.co, kedua nama itu muncul setelah Dahlan Iskan membeberkannya saat pemeriksaan kemarin. Keduanya adalah anggota dari Komisi BUMN, Idris Laena dari Fraksi Golkar dan anggota dari Komisi Keuangan DPR, Sumaryoto dari Fraksi PDI Perjuangan.

Hingga saat ini, BK masih menelusuri bukti resmi tentang keterlibatan Idris dan Sumaryoto dalam upaya pemerasan BUMN.

“Kami belum lihat ada transaksi tetapi upaya untuk itu (pemerasan) ada,” kata anggota Badan Kehormatan, Usman Jafar, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 5 November 2012 seperti dikutip Tempo.co.

Usman mengatakan bahwa Idris Laena terindikasi dalam upaya pemerasan terhadap PT. PAL dan perusahaan di bidang garam, PT. Garam Persero.

Idris dikabarkan sering meminta jatah sebesar 5 persen dari alokasi anggaran negara. Namun, PT. PAL sendiri belum dapat dikonfirmasi mengenai besarnya pemerasan ini.

PT. Garam Persero juga sering diperas oleh Idris. Tapi, besarnya pemerasan dan bukti keterlibatan Idris juga belum dapat dibuktikan secara konkrit.

Sedangkan Sumaryoto dari Fraksi PDI Perjuangan dinyatakan telah berkongkalingkong dengan Merpati Airlines. Usman Jafar juga tidak bersedia menjelaskan modus serta nilai uang yang diminta oleh Sumaryoto sebelum mengadakan pertemuan dengan Merpati Airlines.

Panggilan terhadap kedua anggota DPR itu akan dilakukan setelah masa reses DPR. Menurut Usman, jika pemanggilan dilakukan sekarang maka pemanggilan membutuhkan izin dari pimpinan.

Berbeda dengan Usman, Dahlan Iskan masih enggan berbicara banyak mengenai kedua nama anggota DPR yang telah ia adukan. (RN)

Comment di sini