Foto: Unik, Kakatua Cerdas Buat Tongkat dari Pohon

by
November 6th, 2012 at 10:10 am

Daily Mail

CiriCara.com – Burung kakatua adalah jenis hewan peliharaan yang dapat dilatih untuk menirukan suara manusia. Burung jenis ini hampir miripdengan burung beo, hanya saja warna kakatua lebih beragam.

Uniknya, para peneliti sempat terkejut dengan temuan baru mengenai keluarga kakatua ini. Kabarnya, ada seekor burung kakatua yang diberi nama Figaro mampu membuat perkakas yang akan digunakannya sebagai alat bantu untuk mengambil makanannya.

Talenta terpendam yang dimiliki Figaro terungkap akibat sebuah observasi yang dipimpin oleh Dr. Alice Auersperg dari Universitas Vienna.

Dalam pengamatan tersebut, tim peneliti mengamati perilaku unik yang dilakukan Figaro. Saat itu, Figaro sedang bermain dengan batu kerikil, tanpa sengaja, batu itu masuk ke kandang berkawat. Dia berusaha mengambilnya namun tidak berhasil. Tidak disangka-sangka, dia mengambil sebuah tongkat kayu kecil dan mulai menarik-narik batu itu dengan tongkat tersebut.

Untuk membuktikan kecerdasan burung kakatua tersebut, tim peneliti meletakkan kacang di balik kandang berkawat tersebut. Kali ini, Figaro tidak mencari tongkat kecil lagi, melainkan memotong ranting pohon yang ramping dan mulai berusaha mengambil kacang tersebut. Hal ini lebih mengejutkan bagi para peneliti.

Melihat kakatua tersebut mencari alat untuk membantunya mengambil batu saja, sudah merupakan hal yang luar biasa. Ditambah lagi, ternyata burung cerdas ini juga mampu membuat alat bantu sendiri. Sangat unik, bukan?

Menurut Alex Kacelnik dari Universitas Oxford mengatakan bahwa mungkin saja di luar sana masih banyak lagi kakatua yang memiliki kecerdasan lainnya, tapi belum terjelajah oleh manusia.

Berikut foto perilaku cerdas burung kakatua tersebut

Daily Mail

Daily Mail

Daily Mail

Daily Mail

(yk)

Daily Mail

Comment di sini