Paus Terlangka Ditemukan di Selandia Baru

by
November 6th, 2012 at 2:03 pm

Business Insider

CiriCara.comDesember 2010, 2 ekor paus paling langka di Bumi, ditemukan di pantai Opape, Selandia Baru.

Saat itu, kedua paus yang terdampar adalah seorang induk betina dan anaknya. Sang induk panjangnya 5,3 m dan anaknya hanya 3,5 m.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap kedua paus langka yang memiliki paruh dan bergigi sekop ini.

Seperti yang dilaporkan oleh Livescience.com, hasil mengenai pengamatan DNA sudah muncul di jurnal Current Biology (Cell.com) pada hari ini, Selasa 6/11/12.

Menurut Rochelle Constantine, ahli biologi kelautan dari Universitas Auckland, Selandia Baru mengatakan bahwa dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa tengkorak paus berparuh ini terdiri dari 3 bagian tengkorak paus lain yang ditemukan dari Selandia Baru dan Chili pada lebih dari 140 tahun yang lalu.

Paus terlangka ini menjadi paus satu-satunya yang tampil dengan contoh tengkorak yang komplit, yaitu gabungan ketiga bagian tengkorak tersebut.

Awalnya, kedua paus tersebut dianggap sama seperti paus berparuh jenis Gray. Akan tetapi, setelah melakukan tes DNA rutin, terungkaplah bahwa paus berparuh yang satu ini sangat langka dan berbeda dari jenis yang lainnya. Ini adalah paus berparuh dan bergigi sekop.

Untuk memastikan hasil tersebut, tes DNA sudah dilakukan berulang-ulang kali. Sehingga baru pada bulan November 2012 ini, hasil penelitian tersebut diumumkan.

Selandia Baru memang menjadi tempat dengan tingkat paus terdampar yang paling tinggi. Kabarnya, keanekaragaman ikan paus yang terdampar di perairan Selandia Baru sangat tinggi dibandingkan wilayah-wilayah lain di Bumi. (yk)

Live Science

Comment di sini