PDI-P: Cara Dahlan Iskan Kampungan Sekali!

by
November 6th, 2012 at 1:48 pm

Detik

Jakarta (CiriCara.com) – Anggota DPR kebakaran jenggot saat Dahlan Iskan mulai berkicau soal upeti yang sering diminta dari perusahaan BUMN.

Sontak saja, protes bermunculan dari berbagai fraksi DPR.

Effendi Simbolon, Wakil Ketua Komisi VII dari Fraksi PDI-P menyatakan sangat geram kepada Menteri BUMN ini. Sikap Dahlan diduga hanya untuk menutupi sorotan kasus inefisiensi anggaran PLN senilai Rp. 37 triliun.

“Dahlan kan kita undang sebagai mantan Dirut PLN. Dia tahu bahwa kita (Komisi VII) hanya ingin meminta penjelasan kenapa di zaman dia memimpin, PLN menderita kerugian paling besar dalam sejarah PLN, ribuan miliar hingga disebut triliunan,” kata Effendi ketika ditemui di Bandara LNG Badak, Bontang, Kalimantan Timur, seperti dikutip Kompas.com.

Effendi juga menyayangkan sikap Dahlan yang sering mangkir dari rapat yang digelar Komisi VII terkait kasus inefisiensi anggaran PLN . Bahkan politisi asal PDI-P itu menyebut cara Dahlan Iskan sangat kampungan.

“Ini kampungan sekali, lempar batu sembunyi tangan. Kampungan karena caranya yang diambil kampungan, ada mekanisme kalau ada temuan seperti itu, kita punya kepolisian, KPK, hargailah penegak hukum kita, bukannya melemparnya ke media yang sangat bebas sekali sehingga larinya ke mana-mana,” tegas Effendi.

Ia juga menyesalkan tentang kabar miring mengenai anggota DPR yang sering minta upeti ke perusahaan-perusahaan BUMN dan membuat citra anggota parlemen memiliki moral jelek. Menurutnya lagi, peran DPR di mata masyarakat juga telah bergeser.

“Kita ini seperti tidak punya moral, dituding sana-sini sehingga kita (DPR) menjadi public enemy (musuh publik). Apa yang kita lakukan selalu salah di mata rakyat,”pungkasnya.

Konflik antara BUMN di bawah naungan Dahlan Iskan dan DPR dimulai saat Dahlan mengirimkan pesan singkat kepada Sekretaris Kabinet, Dipo Alam. Dalam pesan singkat itu, Dahlan mengatakan bahwa ada beberapa anggota DPR yang sering memeras perusahaan-perusahaan BUMN. (RN)

Comment di sini