Video: iPad Mini Sulit Dibongkar, Bagaimana Jika Rusak?

by
November 6th, 2012 at 1:29 pm

CiriCara.com - Kehadiran produk baru dari Apple memang selalu membuat banyak orang membicarakannya. Apalagi bila produk muncul tanpa banyak dirumorkan terlebih dahulu, seperti iPad Mini.

Setelah kemunculannya yang tiba-tiba pada akhir bulan lalu, banyak penggemar Apple yang berlomba-lomba mencari tahu detail perangkat canggih ini, tak terkecuali situs pengoprek gadget terkenal di dunia, iFixit.  Situs ini menemukan fakta yang menyatakan bahwa iPad Mini sulit untuk dibongkar.

Pernyataan sulit dibongkar tersebut memicu perdebatan apakah iPad Mini juga sulit untuk diperbaiki?

iFixit menuturkan bahwa produk buatan Apple ini sulit dibongkar karena memiliki kerumitan tersendiri baik dari segi desain maupun ukuran sekrup yang menahan bodi iPad versi mungil tersebut.  Ukuran sekrup yang kecil dan ditempatkan di banyak tempat yang sulit dijangkau membuat teknisi kesulitan untuk membuka jeroannya. Sekrup yang kecil pun disebut mudah terselip dan hilang ketika sudah dilepas. Teknisi harus benar-benar teliti menyimpan sekrup iPad Mini.

Produk buatan Apple yang ramah kantong ini juga banyak menggunakan perekat pada setiap sisi bodinya sehingga tentu semakin menyulitkan para teknisi yang akan membongkarnya.

Selain fakta bahwa iPad Mini sulit dibongkar, para teknisi iFixit juga menemukan hal baru lain seperti layar yang berdiri sendiri, berbeda dengan layar produk Apple lain seperti iPhone 5. Ini menjadi satu kelebihan iPad Mini karena jika layar rusak, maka tidak perlu mengganti bagian lain yang masih bisa berfungsi.

Hal lain yang menjadi informasi baru adalah layar yang dipergunakan oleh iPad Mini ternyata masih mempergunakan produk buatan Samsung.  Selain layar, prosesor bertipe A5 Dual Core yang dipakai oleh iPad Mini ini juga buatan dari Samsung.

Para teknisi iFixit memberikan nilai rating 2 dari maksimal rating yakni 10. Daya perbaikan atau rating repairability yang bernilai 2 ini menandakan bahwa tingkat kesulitan perbaikan iPad Mini sangatlah sulit.

Berikut ini adalah video pembongkaran iPad Mini yang dilakukan para teknisi iFixit:

Selain iFixit, badan analis pasar IHS iSuppli juga ikut membongkar iPad Mini, namun dengan tujuan lain. IHS iSuppli hendak mendapatkan informasi tentang berapa uang yang harus dikeluarkan untuk memroduksi satu unit iPad Mini.

Setelah membongkar iPad Mini 16 GB WiFi, IHS iSuppli menemukan bahwa ongkos produksi perangkat komputer ini adalah sekitar $ 188 AS atau kira-kira Rp 1,8 juta.

Dengan menjualnya seharga $ 329 AS, Apple mendapatkan keuntungan sekitar Rp 3,2 juta. Fakta ini didapatkan dengan memperkirakan harga masing-masing komponen, tanpa ada perhitungan lainnya. Apple sendiri pernah menyatakan bahwa perusahaan ini hanya mengambil margin profit yang tipis untuk setiap produknya.

(AD)

Comment di sini