Windows 8 Kena Virus? Tak Perlu Instal Ulang

by
November 6th, 2012 at 4:26 pm

CiriCara.com - Kehadiran Windows 8 lewat Microsoft memang benar-benar menjawab keluhan para pengguna setia produk-produknya. Terbukti,  Micosoft  menghadirkan fitur khusus dalam sistem operasi Windows 8 yang mendobrak tradisi instal ulang ketika perangkat komputer mengalami masalah.

Instal ulang komputer bisa berakibat pada hilangnya data yang tersimpan dalam hardisk drive. Repotnya kehilangan data dan instalasi ulang software-software penting merupakan agenda rutin setelah proses instal ulang OS selesai dilakukan.

Penyediaan CD master instalasi dan proses backup data juga menjadi biang permasalahan yang bagi para pengguna perangkat komputer dalam kegiatan proses instalasi ulang. Tetapi semuanya itu menjadi sirna, karena dengan kehadiran Windows 8 ini Anda tidak akan menemui lagi tradisi instal ulang pada perangkat komputer yang Anda punyai.

Windows 8 didesain khusus untuk menghilangkan ketergantungan terhadap proses instalasi ulang pada sistem operasi yang berjalan. Microsoft sebagai pihak pengembang dan produsen mempersenjatai fitur reset, refresh pada sistem operasi terbaru ini. Kedua fitur ini akan menjadi senjata pamungkas ketika perangkat komputer Anda mengalami trouble yang sangat parah.

Fitur ini dioperasikan dengan menjalankan file dot exe bernama “recimg.exe”. Fasilitas imaging berupa file dot exe tersebutlah yang berperan dalam pengoperasian. Fitur Reset dan Refresh. Kedua fitur ini sendiri terinspirasi dari sebuah software pihak ketiga buatan Norton bernama Norton Ghost atau aplikasi pihak ketiga lainya seperti Acronics Tru Image, di mana kedua aplikasi ini berfungsi hampir sama dengan kedua fitur yang diusung Windows 8 tersebut.

Bagaimana cara kerja dari kedua fitur ini, simaklah ulasannya di CiriCara.com berikut ini :

Fitur Refresh

Fitur ini difungsikan apabila perangkat komputer yang dimiliki terasa menjadi lambat atau sedang tidak dalam kondisi yang baik.  Dengan fitur ini pula Anda dapat mengembalikan performa OS yang sedang tidak berjalan dengan baik. Fitur Refresh ini akan kembali membugarkan perangkat komputer Anda dengan cara menghapus file-file rusak dan mengganggu yang membuat lambat kinerja komputer.

Fitur refresh ini dapat Anda lakukan dengan cara menghapus secara cepat atau menggunakan modus cepat atau biasa dikenal dengan modus quick. Untuk cara kedua dikenal dengan modus through, di mana modus acara ini akan melakukan penghapusan data-data rusak secara acak pada harddisk penyimpanan perangkat komputer Anda. Fitur ini lebih cocok untuk Anda yang termasuk pengguna awam jika komputer terasa lemot atau terkena virus.

Fitur Reset

Fitur reset digunakan untuk mengembalikan nyawa perangkat komputer yang mati. Fitur reset digunakan untuk hal-hal yang memang benar-benar parah dan sudah tidak bisa diatasi lagi, seperti kelambatan yang parah atau menumpuknya virus pada sistem induk komputer. Fitur ini bisa dilakukan untuk mengatasi hal-hal tersebut dengan mudah dan cepat. Perlu dicatat bahwa fitur reset ini akan “MENGHAPUS SEMUA DATA YANG ANDA MILIKI” pada komputer kesayangan Anda.  Komputer Anda serasa terlahir kembali atau bisa diandaikan komputer Anda seperti keluar dari pabrik.

Pihak Microsoft mengklaim bahwa kedua fitur ini bisa bekerja dengan cepat dan tidak akan memakan waktu yang lama. Untuk fitur reset komputer Anda akan terlahir kembali dalam waktu 6 menit saja. Sedangkan untuk fitur refresh yakni modus quick dan modus through masing-masing membutuhkan waktu 8 menit dan 24 menit. (AD)