5 Tempat Paling Berkuman Saat Berlibur

by
November 7th, 2012 at 4:59 pm

CiriCara.com – Ketika sedang melakukan perjalanan untuk berlibur, terkadang orang mengabaikan kesehatannya. Padahal, dalam perjalanan terdapat juga tempat-tempat yang paling berkuman dan patut Anda waspadai. Jika Anda tak mempedulikannya, maka kesehatan akan terganggu dan mungkin malah tidak jadi berlibur.

Lalu, tempat apa saja yang berkuman pada saat perjalanan? Dilansir Huffingtonpost.com, berikut 5 tempat yang paling berkuman dalam perjalanan:

1. Kamar mandi pesawat

Anda pasti berpikir bahwa kamar mandi hotel yang paling berkuman. Namun, tidak hanya itu karena kamar mandi pesawat juga merupakan tempat yang paling berkuman. Setelah lepas landas beberapa menit saja, kamar mandi pesawat bisa lebih berkuman dari kamar mandi hotel. Alasannya adalah karena banyak orang yang keluar masuk ke tempat itu. Area yang paling berkuman di dalam kamar mandi pesawat adalah dudukan toilet dan tempat membasuh tangan.

2. Transportasi publik

Beberapa transportasi publik di Singapura memang terjamin kebersihannya, tapi hal tersebut tidak berlaku di negara lain. Fakta mengatakan bahwa ratusan tangan bisa menjamah setiap permukaan transportasi publik setiap harinya dan berpotensi menularkan bakteri, kuman, atau penyakit. Belum lagi tempat duduk yang bisa juga menyimpan bakteri dari bokong seseorang.

3. Keyboard komputer

Jika menggunakan komputer di hotel atau kafe, maka sadarilah bahwa Anda sedang mengetik di dudukan toilet. Keyboard komputer yang ada di tempat tersebut sudah digunakan sebelumnya oleh orang lain dan mengandung bakteri 400 kali lebih banyak dibanding toilet yang baru dibersihkan. Selain keyboard, telepon yang ada di tempat tersebut juga mengandung bakteri. Pastikan Anda segera mencuci tangan sebelum melakukan sesuatu setelah menggunakan kedua barang tersebut.

4. Uang

Seorang peneliti menunjukkan bahwa dalam sebuah bon atau uang terdapat 135.000 bakteri yang siap ditularkan dan dipindahkan melalui tangan. Selain itu, tombol mesin kasir juga menjadi tempat paling berkuman. Setelah memegang uang, sebaiknya Anda membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk makan.

5. Orang lain

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya 49 persen orang yang mencuci tangan mereka setelah menggunakan toilet. Meskipun orang bukanlah tempat, namun bisa jadi orang merupakan “tempat” paling jorok yang menyebarkan bakteri.

Itulah 5 tempat yang paling berkuman saat dalam perjalanan. Alangkah baiknya untuk mencuci tangan dengan bersih setelah menyentuh area yang dipakai oleh publik. Dengan begitu, berarti Anda peduli dengan kesehatan. (NR)

Comment di sini