CiriCara: Cara Agar Lolos Menjadi PNS

by
November 7th, 2012 at 2:39 pm

CiriCara.com – Berebut satu jatah kursi untuk menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil memang sangatlah sulit Anda akan bersaing dengan seluruh orang yang ada di Indonesia. Pesaing tersebut tentunya juga sudah mempersiapkan dirinya sebaik mungkin agar lolos menjadi PNS.

Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Gatot Sugiarto mengatakan bahwa dalam penerimaan seleksi CPNS ada 3 komponen yang harus dikuasai.  Tiga komponen itu adalah tes kepribadian, tes intelegensia, dan tes wawasan kebangsaan. Agar Anda bisa lolos dalam tes seleksi tersebut, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Niat

Agar bisa lolos menjadi PNS, hal pertama yang harus ada miliki adalah niat. Anda harus meluruskan niat terlebih dahulu sebelum mengikuti tes CPNS. Jangan berniat menjadi PNS supaya bisa melakukan korupsi-korupsi yang terencana maupun yang spontan. Dengan adanya niat yang baik, kemungkinan tes yang akan Anda ikuti nantinya bisa berjalan lancar.

2. Banyak berlatih soal-soal

Jika Anda ingin lolos menjadi PNS, maka janganlah menggunakan sistem kebut semalam. Anda harus sering berlatih soal-soal khususnya soal-soal tes seleksi CPNS tahun sebelumnya. Biasanya soal-soal pada tiap tahunnya tidak jauh berbeda, hanya saja mungkin diubah-ubah sedikit. Jika ingin berlatih soal, Anda juga bisa mengunjungi www.soalcpns.com.

3. Memiliki wawasan yang luas

Dilansir Wolipop.Detik.com, Kharisma Citra, PNS yang berhasil lolos pada tahun 2010 lalu mengatakan bahwa untuk bisa melalui tes CPNS yang paling penting adalah Anda harus memiliki wawasan yang luas. Pastikan Anda mengikuti perkembangan berita terkini karena pada saat ujian kompetensi, selain pengetahuan umum, pertanyaan mengenai berita terbaru juga banyak ditanyakan.

4. Mengisi formulir pendaftaran dengan tepat

Perhatikan saat mengisi formulir pendaftaran, jangan sampai ada data yang keliru karena data tersebut bisa mempengaruhi lolos atau tidaknya Anda. Selain itu, isilah dengan benar sesuai dengan data-data yang Anda miliki.

5. Memberikan berkas lengkap

Pastikan juga Anda memberikan berkas yang lengkap sesuai persyaratan saat mendaftar. Satu saja berkas lupa dicantumkan, Anda tidak akan lolos seleksi administrasi. Untuk itu, Anda harus benar-benar pastikan berkas sudah terkumpul dengan baik sebelum diberikan.

6. Mengerjakan soal dengan teliti

Mengerjakan soal dengan teliti merupakan hal yang harus Anda lakukan jika ingin lolos menjadi PNS. Berkonsentrasilah saat mengerjakan soal agar mendapatkan hasil bagus nantinya. Selain itu, agar bisa fokus mengerjakan soal-soal tersebut, Anda disarankan untuk tidur larut malam.

7. Memakai jam tangan saat tes berlangsung

Bawalah jam tangan saat tes CPNS berlangsung karena biasanya di dalam ruangan tidak tersedia jam dinding dan ponsel harus dimatikan. Untuk itu, pakailah jam tangan agar Anda bisa mengatur waktu saat mengerjakan soal CPNS.

8. Berpakaian rapi

Anda harus berpakaian rapi walaupun tak diwajibkan. Dengan begitu akan mengesankan bahwa Anda sosok yang memiliki etika dan tentunya akan dihormati pengawas.

Jika kedelapan hal tersebut sudah Anda lakukan, maka jangan lupa juga untuk memohon doa kepada-Nya dan restu dari orangtua. Dengan begitu, kemungkinan untuk lolos menjadi PNS tahun ini akan dimudahkan oleh-Nya. (NR)