CiriCara: Cara Melekatkan Hubungan dengan Anak

by
November 7th, 2012 at 4:23 pm

CiriCara.com – Anak sangat membutuhkan kasih sayang darin orangtuanya. Dengan mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya, tentunya si anak akan merasa bahagia dan lebih termotivasi untuk melakukan berbagai kegiatan positif.

Selain itu, anak juga bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal karena kasih sayang dari orangtuanya. Dilansir Female.Kompas.com, Roslina Verauli, seorang psikolog mengatakan bahwa anak tidak hanya butuh kuantitas waktu kebersamaan bersama orangtuanya, tetapi juga kualitasnya.

Hubungan orangtua dan anak harus lebih erat, bukan hanta dekat. Dekat memiliki arti kedekatan fisik, sedangkan lekat berarti dekat di hati. Untuk menunjukkan hubungan yang erat atau lekat kepada anak, sebaiknya Anda simak tips berikut ini yang dilansir Female.Kompas.com:

1. Intropeksi diri

Seringkali orangtua merasa punya hubungan yang baik dengan anak-anaknya. Padahal, belum tentu si anak merasa benar-benar dekat dan nyaman dengan orangtuanya. Untuk itu, Anda disarankan mulai mengintropeksi diri. Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah Anda pernah menyatakan rasa sayang kepada anak? dan kapan terakhir kali Anda mengungkapkannya?”

Ungkapan rasa sayang kepada anak perlu Anda lakukan agar bisa meyakinkan dan memberi penegasan bahwa Anda benar-benar mencintainya. Selain itu, ungkapan tersbut juga berguna untuk membuat anak merasa nyaman dan terlindungi saat asa di dekat Anda.

2. Menatap mata

Mata merupakan pancaran hati seseorang. Selain mengungkapkan kata-kata sayang, Anda juga bisa mengungkapkannya dengan menatapnya penuh cinta. Kasih sayang dan perhatian yang tulus akan terlihat dari cara Anda memandang si anak. Selain itu, dari pancaran mata pun si anak bisa merasakan kebahagiaan dan kehangatan dari orangtuanya.

3. Waktu istimewa

Untuk mengakrabkan hubungan dengan anak, sebaiknya orangtua menyediakan waktu khusus bersama anak. Anda tidak harus menyediakan waktu khusus untuk melakukan suatu kegiatan besar, seperti berlibur bersama. Sediakan saja lebih banyak waktu ketika Anda hanya berdua bersama anak untuk saling bercerita, bertukar pengalaman, bahkan curhat. Jika memiliki lebih dari satu anak, maka buatlah daftar giliran untuk menghabiskan waktu dengan anak satu per satu secara bergantian. Dengan begitu, anak akan bisa merasa dekat dan jujur kepada orangtuanya.

Itulah 3 cara mudah yang bisa Anda lakukan agar hubungan semakin erat dengan si anak. Bagaimanapun juga kedekatan dengan si anak harus dijalin agar bisa membuatnya merasa bahagia karena mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya. (NR)

Comment di sini