CiriCara: Cara Mudah Membuat Donat Lezat

by
November 7th, 2012 at 1:42 pm

Wiki How

CiriCara.com – Apakah kamu pencinta donat? Donatsering menjadi camilan yang dipilih banyak orang saat bersantai sore ataupun saat sarapan di pagi hari.

Banyak orang yang gemar menyantap donat sambil ditemani dengan kopi hangat atau teh herbal hangat.

Berikut ini adalah cara membuat donat lezat. Cukup dengan mempraktikkan resep donat ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot ke mall hanya untuk membeli kue bundar ini.

Simaklah resep di bawah ini:

Bahan adonan:

- 2 bungkus ragi roti atau pengembang roti
- 250 gr air hangat dengan suhu 100-115 derajat
- 450 gr susu krim
- 100 gr gula pasir
- 625 gr tepung terigu
- 75 gr mentega
- 2 butir telur
- 1 sdt garam
- Minyak sayur untuk menggoreng

Bahan krim:

- 75 gr mentega
- 220 gr gula halus
- 1 ½ sdt vanila bubuk
- 2-4 sdm air hangat

Cara membuat adonan:

- Campurlah air hangat dengan ragi roti, biarkan ragi itu hancur di dalam air tersebut. Setelah ragi sudah bercampur dengan air, tambahkan garam, mentega, susu krim, gula, telur secara bersamaan sambil diaduk-aduk. Pastikan semua bahan tersebut sudah tercampur dengan baik.

- Kemudian, masukkan tepung terigu yang sudah diayak terlebih dahulu. Aduk adonan donat tersebut dan tambah kecepatan mengaduknya. Kamu bisa menggunakan mixer ataupun tangan untuk mengaduk adonan donat tersebut.

- Setelah semua bahan tercampur menjadi satu dan membentuk adonan yang kenyal, tutuplah wadah itu dengan menggunakan kain basah selama 1 jam. Tujuannya supaya adonan ini mengembang.

- Setelah 1 jam berlalu, pastikan bahwa adonan sudah mengembang. Kamu dapat melihatnya dari berat adonan dan volumenya pada wadah tersebut. Jika adonan sudah mengembang, taburilah sebuah alas dengan tepung terigu, kemudian gilinglah adonan dengan tebal yang sama, kurang lebih 1,5 cm.

Wiki How

- Kemudian, kamu dapat mencetaknya dengan menggunakan cetakan donat. Ulangi hingga adonan selesai dicetak semua. Pastikan donat kamu memiliki ketebalan yang sama.

- Letakkan donat-donat yang sudah dicetak itu dalam loyang atau wadah, kemudian tutup lagi dengan kain selama kurang lebih 40 menit.

- Selagi kamu menunggu, panaskan wajan yang berisi minyak sayur secukupnya untuk menggoreng donat-donat tersebut. Pastikan suhu minyak mencapai 180 derajat saat adonan mau digoreng.

- Mulailah menggoreng adonan donat satu per satu hingga warnanya menjadi cokelat keemasan secara merata. Setelah matang, angkatlah donat dan tiriskan minyaknya.

- Selagi menunggu donat tersebut dingin, kamu dapat menyiapkan krim untuk menghias permukaan donat tersebut.

Berikut adalah cara membuat krim penghias:

- Panaskan wadah, kemudian lelehkan mentega yang sudah disiapkan.

- Campurkan gula halus dan vanila ke dalam mentega cair tersebut.

- Selagi terus diaduk, tambahkan air hangat ke dalam campuran mentega, gula dan vanila itu.

- Terus aduk, hingga semua bahan tercampur dan menjadi sedikit kental.

- Kemudian, celupkan donat yang telah dingin itu ke dalam krim hiasan, satu per satu.

- Tatalah di atas piring cantik, dan biarkan krim tersebut mengeras dengan sendirinya. Dengan demikian, donat gula tersebut siap untuk disantap.

Untuk variasi, kamu juga bisa membuat krim cokelat dengan cokelat leleh ataupun pewarna makanan. Selamat mencoba! (yk)

Wiki How

Comment di sini