Dana Pilpres AS Tahun Ini Cetak Rekor Termahal

by
November 7th, 2012 at 3:06 pm

Washington (CiriCara.com) – Amerika Serikat tengah merayakan pesta demokrasi dalam pemilihan presiden Amerika Serikat yang berlangsung Selasa, 6 November 2012. Dalam Pilpres Negara Adi Daya itu, Obama menang atas Romney dengan perolehan 303 suara elektoral college.

Namun di balik hingarnya pesta demokrasi ini, ternyata biaya yang dihabiskan telah mencetak rekor dalam sejarah pemilihan presiden Amerika Serikat. Biaya yang dibutuhkan untuk kampanye ini diperkirakan sebesar USD 6 miliar.

Sementara calon inkumben dari Partai Demokrat, Presiden Barack Obama sudah menghabiskan dana sebesar USD 2,6 miliar untuk kampanye menurut data Center for Responsive Politics.

Walau dana itu tergolong besar, namun jumlahnya telah turun dari total dana kampanye tahun 2008 yang memecahkan rekor sebanyak USD 2,8 miliar. Saat itu, Obama sedang bersaing melawan Hillary Clinton yang sekarang menjadi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat.

Jumlah ini termasuk dana untuk capres dan senator partai. Seperti ditulis oleh Inilah.com, sekitar USD 528 juta digunakan untuk kelompok luar yang melaporkan anggaran otoritas federal. Sedangkan USD 142 juta dari dewan penyelenggara konvensi partai dan pembiayaan publik untuk konvensi nasional.

Dalam pemilihan presiden kali ini, Barrack Obama mengalahkan Romney setelah melewati persaingan yang sengit karena mereka berdua bergantian memimpin posisi atas perolehan suara electoral college. (RN)

Comment di sini