Ini Kandungan Racun di iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III

by
November 7th, 2012 at 9:14 am

CiriCara.com - Situs HealthyStuff.org baru-baru ini merilis data terbaru mengenai kandungan racun yang ada ditemukan pada beberapa gadget terlaris di pasaran dunia saat ini. Ada sejumlah gadget ternama yang ikut di dalam jajaran gadget beracun ini, termasuk produk Samsung dan Apple.

Produk Samsung dengan bendera Galaxy S III termasuk di dalam jajaran produk-produk beracun dalam tataran menengah (medium concern). Ada beberapa parameter yang dipakai oleh pihak HealthyStuff.org, seperti kandungan bahan-bahan berbahaya bromin, merkuri, dan timah. Bahan-bahan beracun ini diduga terlalu banyak dipakai pada ponsel-ponsel canggih di dunia saat ini.
imagebam.com

Sumber foto: Healthy Stuff

Salah satu contohnya adalah timah yang biasa dipakai pada semua komponen-komponen penting pada ponsel-ponsel canggih. Bahan beracun timah tersebut dipakai sebagai bahan utama untuk komponen ponsel seperti layar case, chassis body ponsel, papan sirkuit, dan banyak lainnya.

Bahan-bahan beracun ini seharusnya digunakan seminimal mungkin untuk mengurangi dampak racun yang ada.

Tetapi kenyataan di lapangan masih banyak ditemukan produk-produk yang beredar dengan ambang batas bahan beracun yang tergolong tinggi. Ini menjadi serius karena bahan-bahan beracun ini bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Sementara itu, beberapa produk lain didakwa memiliki kandungan racun dengan peringatan low concern. Produk-produk tersebut antara lain Motorola dengan seri Citrus, Apple dengan iPhone 4S, LG dengan versi smartphone Remarq dan produk terbaru dari Apple yaitu iPhone 5.  
imagebam.com
Sumber foto: Healthy Stuff

Tidak hanya itu, HealthyStuff.org juga merilis beberapa nama lainnya seperti Palm Treo 750, BlackBerry Storm 9530, dan Nokia N95 yang termasuk dalam jajaran high concern atau produk dengan tingkat racun yang tinggi.

Penelitian dan analisa yang dilakukan ini menggunakan sebuah alat bernama X-ray fluoresensi spektometer, sebuah alat yang dapat menentukan komposisi bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah produk atau sampel.

Komposisi kimiawi dan material yang terkandung itulah yang menjadi bahan penelitian dalam menentukan sebuah sampel tersebut apakah beracun atau tidak.

Cara yang adalah dengan memberikan skor lewat uji lab yang sudah dilakukan. Dipilih sebanyak 24 produk dari berbagai jenis, lalu diuji coba dan diteliti kandungan komposisi kimia dan material yang dikandungnya.

Setelah uji lab selesai barulah para peneliti ini memetakan produk-produk mana saja yang disinyalir memiliki kandungan berat racun dalam komposisi material yang dikandung. Skor yang diberikan adalah 0 sampai 5,00. Skor 0 menandakan bahwa kandungan racun yang ada di dalamnya paling rendah.

Produk iPhone 5 masih masuk dalam tataran low concern dengan skor 2,8. Samsung Galaxy S III mendapatkan skor 3,0. Sedangkan beberapa produk lain yang termasuk produk high concern memiliki skor antara 4,26 dan 5,00, contohnya Palm Treo 750 (4,26), BlackBerry Storm 9530 (4,41),  Nokia N95 (4,50), dan iPhone 2G (5,00). (AD)

Comment di sini