Pemilu AS: Romney Unggul Sementara dari Obama

by
November 7th, 2012 at 10:31 am

Media ITE

Jakarta (CiriCara.com) – Negeri Paman Sam sedang menghadapi pesta demokrasi terbesar, pemilihan Presiden Amerika Serikat untuk periode 2012 – 2016. Exit polls menyatakan bahwa Mitt Romney kandidat dari Partai Republik sementara mengungguli Presiden Obama.

Hasil tersebut didapat setelah tempat-tempat pemungutan suara di negara-negara bagian wilayah East Coast ditutup pada Selasa, 6 November 2012 waktu setempat.

Dilansir dari Kompas.com, sejumlah besar media di Amerika Serikat melaporkan bahwa Obama hanya menang di Vermont dengan kemenangan pada tiga suara elektoral. Sementara itu, Mitt Romney diprediksikan akan menang di area West Virginia, Indiana, dan Kentucky.

Dari hasil ini, Romney unggul sementara dengan 24 suara elektoral sementara Obama hanya 3 suara. Sedangkan jumlah suara elektoral yang diperlukan untuk menjadi Presiden Amerika Serikat adalah 270 suara elektoral.

Walaupun Romney unggul sementara, hasil pemilu ini mungkin masih akan terus berubah karena masih ada puluhan negara bagian lain yang belum menutup prosesi pemungutan suara.

Sedangkan negara bagian Ohio, North Carolina, dan Virginia membuat kedua kandidat Presiden Amerika Serikat berikutnya harus bersaing ketat.

Ohio dianggap sebagai negara bagian terpenting dalam pemenangan menuju Gedung Putih karena beberapa mantan Presiden Amerika Serikat pernah menduduki kursi eksekutif tanpa pernah memenangi negara bagian ini.

CNN, portal berita besar Amerika Serikat telah memprediksikan kemenangan Obama di area Connecticut, Delaware, District of Columbia, Maine, Maryland, Massachusetts, dan Rhode Island. Jika ini benar maka Romney akan kalah di kandang sendiri, Connecticut.

Dikutip dari hasil polling Huffington Post, sampai saat ini Romney masih unggul dengan 163 suara sementara Obama hanya berkutat pada 158 suara. Butuh beberapa jam lagi untuk memastikan siapa yang akan menduduki kursi kepemimpinan Amerika berikutnya. (RN)

Comment di sini