Tahukah Kamu Harga iPad Mini di Pabrik?

by
November 7th, 2012 at 11:36 am

CiriCara.com - iPad Mini masih menjadi perbincangan hangat bagi para penggemar gadget di dunia.

Pada edisi sebelumnya iPad Mini sudah diuji oleh para teknisi dari iFixit mengenai repairability atau pengujian yang memfokuskan pada tingkat perbaikan dan pembongkaran sebuah perangkat smartphone ataupun tablet.

Pengujian ini dilakukan untuk mencari tahu tingkat kesulitan dalam pembongkaran iPad Mini ini.

Bukti dari uji repairability yang  dilakukan oleh para teknisi iFixit menemukan fakta bahwa iPad Mini sulit dibongkar. Skor yang didapat dari proses pengujian ini adalah 2 dari keseluruhan skor yakni 10. Ini menandakan bahwa tingkat kesulitan pembongkaran komponen iPad Mini  sangat tinggi.

Pengujian iPad Mini yang dilakukan dengan cara dibongkar juga dilakukan oleh IHS iSupli. Pengujian dan pembongkaran yang dilakukan ini bertujuan untuk mengungkap kebenaran harga sebuah iPad Mini tanpa embel-embel ongkos lain-lain dari pihak Apple.

Pihak IHS iSuppli membenarkan fakta yang menyatakan bahwa produk terbaru dari Apple ini terlalu mahal untuk dijual di pasaran gadget dunia.

Harga yang didapatkan oleh pihak IHS iSupli ini diketahui dari hasil pembongkaran dan perkiraan harga setiap komponen yang ada di dalam iPad Mini. IHS iSupli memperhitungkan biaya produksi plus komponen apa saja yang diusung oleh tablet mini ini.

Di pasaran gadget dunia harga paling murah untuk tablet berukuran mini ini dengan spesifikasi terendah adalah Rp 3,2 juta. Harga ini disematkan pada iPad Mini berkapasitas 16 GB dengan koneksi WiFi.

Namun, harga yang ditemukan dari proses pembongkaran yang dilakukan ini hanya berkisar USD $188 atau sekitar Rp 1,8 juta.

Jadi total kalkulasi keuntungan pihak Apple adalah berkisar Rp 1,4 juta. Keuntungan yang cukup besar dari sebuah tablet mini berbendera Apple.

Dari hasil oprek yang dilakukan IHS iSuppli ini,  didapatkan pula beberapa data mengenai komponen-komponen apa saja yang dikira mahal dan menjadikan harga iPad Mini ini melambung tinggi.

Salah satu yang mencolok adalah keberadaan chip flash memori 16 GB yang disinyalir berharga USD $15,50. Tidak hanya itu saja, pihak  IHS iSuppli  juga menemukan fakta bahwa layar iPad Mini buatan LG-AU Optronics-Samsung seharga USD $80 juga ikut andil dalam pembengkakan harga iPad Mini.

Dikatakan pula bahwa keberadaan layar LCD ini adalah komponen termahal yang ada pada tablet mini tersebut. Komponen ini mewakili 43 % total biaya produksi dari pembuatan produk tablet berukuran mungil itu.

Namun perlu diingat bahwa harga yang keluar ini belum termasuk biaya lain seperti transportasi dan pajak. Harga USD $188 merupakan harga pabrik iPad Mini setelah selesai diproduksi. (AD)

Comment di sini