Warga AS ‘Nyoblos’ Pakai Tablet Surface

by
November 7th, 2012 at 11:06 am

CiriCara.com – Bagaimana proses Pemilu Presiden di Amerika Serikat berlangsung? Apakah paku dan kertas masih berlaku untuk pencoblosan sama seperti di Indonesia? Jawabnya tentu saja tidak.

Negara Adi Daya ini rupanya telah menerapkan sistem yang lebih canggih dalam pemungutan suara. Microsoft misalnya, raksasa teknologi dunia ini sudah menonjolkan perannya lewat tablet Surface yang baru dirilis dua minggu lalu.

Tablet berbasis Windows RT ini akan dimanfaatkan oleh para pemilih di negara bagian Virginia untuk menyalurkan aspirasi mereka dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tersebut.

Sebuah perusahaan teknologi di Amerika Serikat, Democracy Live, bertanggung jawab atas e-voting Presiden ini. Democracy Live menginstal aplikasi voting di tablet Surface yang bisa memudahkan para pemilih dalam memberikan suara.

Dilansir dari Mashable melalui Detik.com, Tablet PC andalan Microsoft ini telah dilengkapi dengan aplikasi LiveBallot agar pengguna dapat menandai dan mencetak surat suara mereka.

Democracy Live juga menambahkan jika pihaknya telah menggunakan Windows Azure yang merupakan platform berbasis cloud untuk mengumpulkan suara yang telah disalurkan pemilih. Jika uji coba ini berhasil maka perusahaan teknologi ini akan meluncurkan tablet Surface ke lokasi lain di luar Virginia.

Saat ini Amerika Serikat tengah menyambut pesta demokrasi terbesar, pemilihan presiden Amerika Serikat untuk periode 2012 – 2016. Dua kandidat yang mewakili Partai Republik dan Demokrat, Mitt Romney dan Obama tengah bersaing ketat untuk memperebutkan posisi orang nomor satu di Amerika Serikat.

Siapakah pemenangnya? Kita tunggu saja. (RN)

Comment di sini