Alat Tes Kehamilan Untuk Pria?

by
November 8th, 2012 at 10:56 am

Huffington Post

CiriCara.comAlat tes kehamilan umumnya digunakan oleh para wanita. Jika garis yang tertera pada alat itu ada 2, maka kemungkinan besar wanita itu hamil. Tapi bagaimana jika pria yang menggunakannya?

Rupanya alat tes kehamilan ini bukan hanya untuk mendeteksi kehamilan pada wanita, tapi juga pada pria. Pria hamil? Tentu Anda terkejut mendengar berita ini.

Tapi, inilah yang dialami oleh salah seorang pengguna Reddit.com yang menggunakan nama ID CappnPoopdeck.

Pria ini mengunggah sebuah gambar komik yang mengisahkan tentang pria yang “iseng-iseng” menggunakan alat tes kehamilan milik mantan pacarnya yang ketinggalan di rumahnya. Kemudian, dia terkejut ketika melihat 2 garis pada alat tes tersebut. Dia hamil? Tidak! Garis kedua yang tampak pada alat tes tersebut bukan disebabkan oleh kehamilan.

Berikut gambar komik tersebut.

Huffington Post

Dilansir dari Huffingtonpost.com, ternyata alat tes kehamilan itu juga dapat menjadi pendeteksi kanker testis pada pria.

Menurut keterangan Dr. Mark Pomerantz kepada ABC News.com, alat tes kehamilan itu bekerja untuk menentukan jumlah hormon beta yang disebut human chorionic gonadoptropin (hCG) pada urin. Sel kanker testis ternyata juga memproduksi hormon yang sama persis dengan hormon beta hCG tersebut.

Dr. Mark juga menambahkan kalau dalam tubuh hanya ada beberapa bagian yang mampu memproduksi beta hCG, dan salah satunya adalah kanker testis tersebut.

Jadi, sebenarnya pria yang diceritakan dalam komik di situs Reddit itu mengidap tumor testis. CappnPoopdeck mengunggah komik tambahan yang menceritakan bahwa benar pria itu memiliki tumor kecil pada testikelnya setelah dia memeriksakan dirinya ke dokter terkait dugaan dia bisa hamil. Untunglah tumor itu terdeteksi sejak dini sehingga masih bisa diatasi dengan pengobatan.

Dengan kata lain, alat tes kehamilan dapat digunakan oleh pria dan wanita, hanya saja fungsinya berbeda. Jika pada wanita untuk mendeteksi kehamilan, sedangkan untuk pria, alat itu dapat mendeteksi adanya kanker/tumor testis. (yk)

Huffington Post

Comment di sini