Cara Jokowi Atasi Kemacetan Akibat Kereta Api

by
November 8th, 2012 at 3:02 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Perlintasan kereta api di Jakarta sering menjadi penyebab kemacetan. Selain itu, sejumlah kecelakaan juga kerap terjadi karena tidak adanya palang pintu rel kereta api. Bagaimana solusi Jokowi untuk mengatasi masalah ini?

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi berencana untuk membangun flyover di 12 titik perlintasan kereta api. Pasalnya, penumpukan kendaraan sering terjadi saat kereta melintas, terutama saat jam sibuk.

Jokowi menuturkan, jadwal keberangkatan kereta api dari Jakarta-Depok dan Jakarta-Tangerang akan bertambah dalam waktu dekat ini. Pasalnya PT KAI akan menambah jumlah kereta untuk mengantisipasi penumpang yang sering membeludak setiap harinya.

“Jadi underpass atau flyover ini cukup penting,” kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (8/11/2012).

Peningkatan jumlah keberangkatan kereta api, menurut Jokowi akan memperparah kemacetan di Jakarta. Pasalnya, setiap tiga menit akan ada kereta yang melintas dan kendaraan bermotor harus antre lebih lama. Ia menilai, flyover adalah solusi tepat untuk masalah ini.

“Melakukan buka-tutup pintu perlintasan jelas tak efektif, terlebih risiko kecelakaan juga cukup tinggi,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, Pemprov DKI Jakarta sudah siap menyodorkan dana proyek sebesar Rp 1,4 triliun, untuk pembangunan flyover tersebut. Namun, sebelumnya Pemprov DKI akan berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak DPRD DKI Jakarta.

Jika proyek flyover di 12 perlintasan kereta api ini disetujui pihak DPRD DKI Jakarta, maka pembangunan akan dilakukan tahun depan. Pembangunan diutamakan di perlintasan kereta api yang sering dilalui kendaraan, seperti di Kebayoran Lama.

(YG)

Comment di sini