Jupe Dikecam Karena Dapat Gelar

by
November 8th, 2012 at 4:51 pm

Palangkaraya (CiriCara.com) – Artis, penyanyi, dan model penuh sensasi, Julia Perez mendapat gelar “Nyai Intan Garinda” saat berkunjung ke Kalimantan Tengah.

Tentu saja pemberian gelar ini menuai banyak kecaman dari berbagai pihak. Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng menyampaikan keberatan atas pemberian gelar kepada penyanyi “Belah Duren” ini.

Seperti diberitakan oleh Kompas.com, Jupe datang ke Kalimantan Tengah untuk melakukan pengambilan gambar film terbarunya. Film tersebut berjudul Perawan Dayak yang berlatar belakang daerah pedalaman Kalimantan. Namun menurut DAD, prosesi pengambilan gambar untuk film ini tidak diketahui pihaknya, Pemerintah Kabupaten Katingan, dan Pemerintah Provinsi Kalteng.

Pemberian gelar tersebut diprotes karena citra Jupe yang buruk di mata masyarakat terkait penampilan dan sikapnya. Pengambilan gambar untuk Perawan Dayak dilakukan di Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sananan Mantikei, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Dalam pengambilan gambar itulah, Julia Perez menerima gelar dari damang atau tokoh adat setempat.

“Kami menolak pemberian gelar itu. Pemberian gelar diberikan tak sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga dinilai melecehkan dan tidak baik,” kata Sabran Achmad selaku ketua DAD Kalteng.

Bahkan Sabran menegaskan jika ia tak ingin film yang dibintangi artis kontroversial itu beredar di Kalimantan Tengah dan Indonesia. Pihak Sabran juga sedang mengusut kasus tentang pemberian gelar ini sementara sanksi belum ditetapkan.

Sementara itu pemberian gelar Nyai Intan Garinda kepada Julia Perez diberikan oleh Ketua Presidium Lembaga Musyawarah Masyarakat Dayak Daerah Kalteng, M Usop di Palangkaraya, Selasa, 6 November 2012 kemarin. (RN)

Comment di sini