Kenapa Soekarno Baru Diberi Gelar Pahlawan?

by
November 8th, 2012 at 10:25 am

VIVAnews

Jakarta (CiriCara.com) – Walaupun Ir. Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia telah diberi gelar kehormatan sebagai pahlawan nasional namun Guruh Soekarnoputra sebagai anak kandung mengaku tidak akan datang dalam upacara pemberian gelar itu. Mengapa?

“Benar, saya tak akan datang,” ujar Guruh memastikan ketidakhadirannya seperti dikutip Tempo.co.

Upacara pemberian gelar kepada Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ini berlangsung pada hari Rabu, 7 November 2012 di Istana Merdeka. Guruh ternyata mempunyai sikap politik sendiri mengenai pemberian gelar kepada ayahnya itu.

“Mengapa baru diberi gelar sekarang, kenapa tak dari dulu?” sindir Guruh.

Guruh juga mempertanyakan tentang perbedaan pemberian gelar pahlawan nasional dan pahlawan proklamator. Menurutnya yang pernah hidup di berbagai era pemerintahan, gelar pahlawan proklamator itu lebih tinggi dari pahlawan nasional dan mempunyai sifat khusus.

Putra Soekarno yang pernah digosipkan dekat dengan Dewi Perssik ini juga menilai bahwa pemberian gelar kepahlawanan tahun ini telah diwarnai kepentingan politik tertentu. Ia juga menganggap masih ada keganjalan terkait pemberian gelar itu.

Menurutnya, salah satu yang menjadi hambatan dalam pemberian gelar tersebut adalah belum dicabutnya Tap MPRS No. 33/MPR/1967 tentang Pencabutan Kekuasaan Negara Presiden Soekarno. Keputusan ini telah menempatkan Presiden Soekarno sebagai pengkhianat negara dan terlibat dalam peristiwa G 30S/PKI.

Guruh sangat mendesak agar Tap MPR ini segera dicabut karena beberapa partai politik juga telah meminta agar keputusan ini dicabut.

Pemberian gelar kepahlawanan ini telah diselenggarakan di Istana Negara, kemarin, Rabu 7 November 2012 pukul 11 siang. Keputusan pemberian gelar kepahlawanan ini telah ditandatangani kemarin sore oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Namun alasan pemberian gelar baru akan diungkap pagi ini, Kamis, 8 November 2012. (RN)

Comment di sini