Mammoth Ratusan Ribu Tahun, Ditemukan Dekat Paris

by
November 8th, 2012 at 2:39 pm

AP Photo/Denis Gliksman/Inrap.

Helmut (CiriCara.com) – Mammoth, gajah purba yang dikenal sebagai hewan langka yang telah punah menjadi perhatian khusus bagi para arkeolog dunia.

Baru-baru ini, Sky News.com melaporkan bahwa tim arkeolog menemukan kerangka mammoth berbulu yang hidup sekitar 200.000 hingga 500.000 tahun silam.

Beberapa waktu yang lalu, bocah Rusia 11 tahun juga temukan kerangka mammoth yang sudah terkubur sekitar 30.000 tahun.

Uniknya, kerangka mammoth yang ditemukan di dekat kota Paris ini, masih dalam keadaan yang hampir lengkap.

Kerangka mammoth yang ditemukan itu terdiri dari 4 tulang belakang yang masih menyambung, tulang panggul yang komplit, dan tulang rahang.

AP Photo/Denis Gliksman/Inrap

Menurut para peneliti di National Institute for Preventine Archaeological Research mengatakan bahwa mammoth ini berusia 20 tahunan ketika tewas pada masa itu.

LOIC VENANCE/AFP/Getty Images

AP Photo/Denis Gliksman/Inrap.

Para peneliti masih terus menyelidiki bukti-bukti lainnya dari kerangka tersebut untuk mengungkapkan keadaan pada masa hidup mammoth itu.

Selain itu, muncul pula dugaan bahwa mammoth ini tewas karena tenggelam di River Marne, atau diburu oleh suku yang hidup pada masa itu.

Kabarnya, kerangka mammoth berbulu panjang lebih banyak ditemui di wilayah Siberia. Sedangkan di Prancis, mammoth jenis ini hanya ditemukan 3 kali dalam 150 tahun terakhir. Dan ilmuwan Prancis pertama yang menemukan kerangka mammoth adalah George Cuvier tahun 1796 silam.

(yk)

Sky News

Comment di sini