Ternyata Meminum Air Putih Berbahaya

by
November 8th, 2012 at 5:14 pm

CiriCara.com – Sudah banyak orang tahu bahwa air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan meminum air putih yang cukup per harinya bisa membuat badan terasa lebih segar, menjauhkan segala penyakit, bikin awet muda, dan lain sebagainya.

Namun, di balik khasiat air putih tersebut ternyata ada yang mengatakan bahwa air putih itu berbahaya. Mengapa?

Studi menyebutkan bahwa seseorang yang meminum air putih bersamaan dengan mengunyah makanan ternyata membahayakan perut. Alasannya adalah karena bisa menghabat kekuatan pencernaan perut dan menyebabkan tingkat insulin untuk berfluktuasi secara signifikan. Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa meminum air putih sedikit selama makan tak apa-apa dilakukan, namun meminum segelas atau dua gelas tidak boleh dilakukan karena bisa mengganggu pencernaan Anda.

Agar khasiat bisa Anda dapat dari air putih, minumlah sebelum dan 2 jam setelah makan untuk membantu penyerapan nutrisi. Jika Anda meminum saat makan, maka air akan diserap oleh dinding usus lambung sehingga menyebabkan refluks asam dan heart burn.

Selain itu, meminum air putih bersamaan dengan makan juga bisa menyebabkan kadar insulin naik. Semakin banyak insulin dilepaskan ke aliran darah, semakin tinggi kemungkinan Anda menyimpan lemak di dalam tubuh.

Anda juga tidak disarankan untuk makan terburu-buru karena akan menyebabkan makanan sulit tertelan menuju ke bawah sehingga akan merasa perlu meminum air putih. Makanlah perlahan dan pastikan makanan telah hancur sebelum Anda telan agar sistem pencernaan bisa berfungsi dengan baik. (NR)

Comment di sini