5 Faktor yang Bikin Rambut Berketombe

by
November 9th, 2012 at 2:28 pm

CiriCara.com – Ketombe merupakan permasalahan kulit kepala yang dialami oleh beberapa orang. Gejala awal ketombe sangat mudah dilihat yaitu adanya serpihan berwarna putih di rambut dan bahu, kulit kepala gatal, dan rambut terasa berminyak.

Kondisi tersebut bisa saja terjadi pada musim panas dengan sinar matahari yang menyengat sehingga membuat kulit kepala Anda menjadi kering. Jika rambut berketombe dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan rambut juga akan mengalami kerontokan.

Namun, tahukah Anda apa penyebab ketombe itu? Dilansir Mayoclinic.com, inilah 5 faktor yang bikin rambut Anda berketombe:

1. Kulit kepala yang kering

Kondisi kulit kepala kering sering dialami seseorang karena perubahan suhu dan cuaca sehingga menyebabkan kulit kepala gatal dan munculnya ketombe. Jika kulit kepala Anda kering, maka ketombe yang muncul tak disertai dengan rambut berminyak. Biasanya ketombe yang disebabkan karena kulit kepala kering juga disertai tanda-tanda kulit kering lainnya, seperti bersisik di bagian lengan atau siku.

2. Kulit kepala berminyak

Kulit kepala yang berminyak dan iritasi biasanya ditandai dengan kulit kepala berwarna kemerahan dan munculnya ketombe berwarna putih ataupun kekuningan. Jika hal tersebut Anda alami, maka bisa disebut juga sebagai sindrom Seborrheic Dermatitis. Sindrom ini terjadi pada area yang memiliki kandungan minyak cukup tinggi, seperti sekitar alis, sisi hidung, belakang telinga, dan juga ketiak. Perlu diketahui juga bahwa rambut atau kulit kepala yang kotor juga bisa menyebabkan minyak dan sel kulit mati menumpuk sehingga memicu timbulnya ketombe.

3. Bakteri atau jamur

Bakteri atau jamur yang tumbuh di kulit kepala bisa tidak terkontrol sehingga mengakibatkan folikel rambut memproduksi lebih banyak minyak. Kondisi tersebut menyebabkan kulit kepala iritasi dan memicu timbulnya ketombe. Hingga saat ini belum diketahui pasti kenapa bakteri dan jamur bisa tumbuh tak terkontrol di kulit kepala, Namun, kulit kepala yang berminyak disebabkan karena perubahan hormon, stres, diet yang buruk, perubahan usia, dan gangguan saraf seperti penyakit parkinson.

4. Alergi

Jika Anda sering menggunakan berbagai produk perawatan rambut, maka berhati-hatilah. Menggunakan produk tersebut harus disesuaikan dengan jenis kulit kepala. Jika tidak cocok atau tidak sesuai, maka kulit kepala Anda bisa iritasi, gatal, dan berwarna kemerahan. Selain itu, terlalu sering keramas dan banyak memakai aneka produk styling juga bisa menyebabkan permasalahan pada kulit kepala Anda.

5. Psioriasis dan Eczema

Psioriasis disebabkan oleh banyaknya kulit mati yang tebal dan menumpuk di kulit kepala. Biasanya terjadi di lutut, siku, dan juga kulit kepala. Seddangkan, eczema bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh Anda, termasuk kulit kepala yang bisa menimbulkan permasalahan pada rambut, seperti ketombe.

Itulah 5 faktor yang menyebabkan rambut Anda berketombe. Bagaimanapun juga, kulit kepala juga harus Anda perhatikan kesehatannya. Kulit kepala yang sehat akan menjauhkan Anda dari permasalahan rambut, seperti ketombe. Selain itu, rambut Anda juga akan nampak indah dan sehat. (NR)

Comment di sini