Alasan Menghilangnya Tombol Start Menu di Windows 8

by
November 9th, 2012 at 9:53 am

CiriCara.com – Windows 8 hadir dengan keunikan dan perbedaan mencolok pada sisi screen yang ada di dalamnya. Sisi mencolok ini ditandai dengan tombol Start yang menghilang di sisi screen Sistem Operasi Windows 8 tersebut.

Entah apa yang melandasi menghilangnya Start menu pada OS ini, banyak alasan bergulir dan rumor yang beredar di kalangan pengamat. Salah satu alasan yang paling mendekati adalah karena penurunan jumlah penggunaan tombol Start di kalangan pengguna Windows ini.

Menurut pengamatan Microsoft, semenjak dikeluarkannya Windows 7 ternyata ditemukan penurunan jumlah penggunaan tombol Start menu pada OS generasi 7 ini. Diketahui juga bahwa pengguna Windows 7 lebih menyukai icon program yang di pin-tab pada sisi taksbar Windows 7 tersebut.

Kehadiran fitur taksbar yang demikian inilah yang menjadikan pengguna malas untuk membuka tombol Start menu pada tampilan OS Windows 7 tersebut. Pengguna lebih menyukai untuk meng-pin program-program yang disukai dan banyak digunakan sehari-hari dari pada harus membuka menu Start. Alhasil, penggunaan tombol Start menu di Windows 7 berkurang drastis.

Alasan lain yang juga sinkron adalah, pengguna juga mulai terbiasa dengan penggunaan shortcut yang menempel pada Screen Windows 7. Pengguna sendiri menilai dengan keberadaan shortcut-shortcut ini, penggunaan akses program akan jauh lebih cepat dan efesien daripada pengoperasian tombol Start menu yang lebih lama dan tidak efisien.

Perbedaan Tampilan Windows 7 vs Windows 8

Karenanya, Microsoft memilih menghilangkan tombol Start menu dan menggantinya dengan tampilan menu berupa icon di layar. Tujuannya adalah untuk memudahkan para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan shortcut di Windows 7. Ingin memunculkan tombol Start menu? Lihat caranya di sini.

Keberadaan tombol Start menu di Windows 8 saat ini telah beralih fungsi sebagai tombol penampil antarmuka Metro UI. Alih fungsi tombol ini mau tidak mau akan memaksa para pengguna OS baru ini untuk mencoba dan mulai beradaptasi dengan kondisi ketiadaan tombol Start menu lama.

Itulah sedikit alasan mengapa tombol Start menu pada Windows 8 ini menghilang, dan digantikan oleh tombol Start menu yang beralih fungsi menjadi penampil antarmuka Metro UI. (AD)

Comment di sini