Alasan Pihak Maskapai Bongkar Koper Agnes Monica

by
November 9th, 2012 at 4:13 pm

Jakarta (CiriCara.com)Agnes Monica sempat marah kepada maskapai penerbangan Singapore Airlines karena kopernya dibongkar paksa pada Rabu, 7 November 2012 lalu.

Artis cantik serba bisa yang tidak terima kopernya dibongkar paksa langsung berkicau di Twitter dan menyatakan kekecewaannya terhadap pihak maskapai. Namun pihak maskapai dan bandara menyatakan bahwa pemeriksaan intensif barang bawaan penumpang ini sudah menjadi regulasi.

Seperti diberitakan Kompas.com, Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II, Trisno Haryadi menjelaskan bahwa di setiap bandara terdapat Transportation Security Administration (TSA) yang mewajibkan pembukaan paksa tas yang digembok. Menurut Trisno, hal ini sudah menjadi peraturan umum.

“Ada TSA kalau pihak maskapai akan membuka barang bawaan tanpa seizin penumpang, ” ujar Trisno Heryadi kepada Tribunnews.com, Kamis, 8 November 2012.

Trisno juga mengatakan peraturan keselamatan dan pengamanan penerbangan di Indonesia masuk ke dalam Keputusan Menteri Perhubungan Udara tahun 2010. Peraturan ini juga didukung oleh surat Keputusan Dirjen Hubungan Udara di SKEP/27/5/VIII/2012 tenang pemeriksaan keamanan.

Menurut Trisno, pihak badan usaha penyedia penerbangan bertanggung jawab atas barang penumpang dari ruang tunggu hingga gerbang kedatangan.

Mewakili pihak Angkasa Pura II, Trisno meyayangkan sikap Agnes Monica yang telah berkicau di akun Twitter miliknya @agnezmo. Trisno mengklaim jika pihaknya telah melakukan yang terbaik.

Dan inilah isi kicauan Agnes Monica yang kecewa dengan regulasi bandara tentang pembongkaran koper secara paksa:

(RN)

Comment di sini