Apple Didenda Rp 3,5 Triliun Gara-gara Paten Facetime

by
November 9th, 2012 at 11:59 am

Texas (CiriCara.com) – Apple kena getahnya. Setelah sempat menang atas Samsung atas gugatannya terkait kasus paten beberapa waktu lalu, kini Apple terbukti melanggar paten Facetime milik VirnetX.

Sebuah perusahaan bernama VirnetX. Holding Corp mengklaim dirinya  memiliki paten atas teknologi video conference di Facetime. Denda yang harus dibayar Apple karena masalah pelanggaran ini adalah sebesar USD 368,2 juta atau sekitar Rp. 3,5 triliun.

Keputusan ini dijatuhkan oleh juri federal di Tyler, Texas, Amerika Serikat. Dilansir dari Detik.com, ada empat macam paten yang telah dilanggar Apple.

Sebelumnya VirtnetX pernah memenangkan perkara sebesar USD 200 juta atas Microsoft karena telah memakai  paten yang berhubungan dengan VPN di Windows 7, Vista, XP, dan produk lainnya.

Walau keputusan juri dan hakim telah dijatuhkan namun tampaknya Apple tak mau berhenti begitu saja. Dilaporkan oleh TheVerge, Apple mengajukan mosi pertanyaan tentang bukti-bukti kuat yang dimiliki VirnetX. Apple juga sedang mengupayakan pemeriksaan ulang dari keempat paten tersebut di kantor paten Amerika Serikat.

Rupanya klaim paten yang pertama kali digalakan oleh Apple menjadi bumerang balik bagi vendor raksasa asal Amerika Serikat ini. Walaupun sempat mengalahkan Samsung, musuh besarnya atas paten kamera dan fitur-fitur lainnya, rupanya kemenangan itu tak bertahan lama. (RN)

Comment di sini